Universitas Airlangga Official Website

TEACHING INDUSTRY

DENTOLASER

TEACHING INDUSTRY INI MENGHASILKAN PRODUK INOVASI DENTOLASER YANG EFEKTIF UNTUK TERAPI ANTIMIKROBA DAN BIOMODULASI SEL DENGAN AKSELERATOR PENYEMBUHAN PENYAKIT GIGI DAN MULUT

Dentolaser diode menggunakan laser diode daya rendah yang memiliki berkas monokromatik dan koheren. Instrumen ini dilengkapi dengan rugi daya minimal. Fitur-fitur ini meliputi pengaturan waktu terapi. Spesifikasi instrument meliputi stabilitas panjang gelombang, daya waktu dan temperatur waktu penyinaran, berdasarkan hasil penelitian. Produk inovasi Dentolaser merupakan hasil penelitian dari Prof. Dr. Suryani Dyah Astuti, M.Si dan dikembangkan oleh Teaching Industry Universitas Airlangga dengan PT Sarandi Karya Nugraha. Produk ini telah tersedia di e-katalog: https://e-katalog.lkpp.go.id/katalog.produkctr/getdetailproductcenter?id=1266935 

GLUCOSAMINE

TEACHING INDUSTRY INI MENGHASILKAN PRODUK GLUCOSAMINE YANG MERUPAKAN PRODUK INOVASI UNIVERSITAS AIRLANGGA BERUPA SUPLEMEN MAKANAN

Obat Glucosamine diproduksi dari limbah udang vanname. Tujuan dari produk Glucosamine adalah tercapainya kemandirian glukosamin dalam negeri dan memberikan nilai tambah yang signifikan untuk industri udang nasional kemudian untuk mengobati atau menghilangkan gejala osteoarthritis. Produk penelitian dari tim yang diketuai Prof. Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt ini mempunyai efek anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-kanker.  Produk inovasi ini diproduksi oleh PT. Surya Windu Kartika.

 

STEM CELL

TEACHING INDUSTRY INI MENGHASILKAN PRODUK PUA-SKIN YANG MERUPAKAN PRODUK INOVASI UNIVERSITAS AIRLANGGA UNTUK MEREGENERASI SEL-SEL KULIT

Dalam prosesnya, peneliti menggunakan bahan-bahan metabolit yang dihasilkan oleh stem cell. Setelah diteliti, bahan-bahan tersebut mengandung unsur growth factor yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit. Produk PUA-Skin bermanfaat untuk memaksimalkan proses penyembuhan luka, serta sebagai antioksidan. Produk ini dikembangkan oleh Dr. Purwati, dr., Sp.PD, K-PTI, FINASIM dengan Prof. Dr. Fedik Abdul Rantam drh., dan di produksi oleh PT. Phapros Tbk.

Bovine Hydroxyapatite (BHA)

TEACHING INDUSTRY INI MENGHASILKAN PRODUK BHAGENTA YANG MERUPAKAN PRODUK INOVASI UNIVERSITAS AIRLANGGA UNTUK PENANGANAN DAN PENGOBATAN FRAKTUR TULANG

Produk Bhagenta bekerja sebagai sediaan pengisi tulang yang biocompatible dan biodegradable, sekaligus sebagai matriks pembawa antibiotika (sistem penghantaran obat) yang dapat menjadi solusi untuk kasus celah tulang akibat fraktur. Sebagai alat kesehatan, Bhagenta bermanfaat sebagai pengisi tulang untuk pengobatan/penanganan fraktur. Produk ini hasil penelitian tim yang diketuai oleh Dr. Aniek Setiya Budiatin, Msi., Apt. dan diproduksi oleh PT. Eka Ormed Indonesia.

CANGKANG KAPSUL RUMPUT LAUT

TEACHING INDUSTRY INI MENGHASILKAN CANGKANG KAPSUL RUMPUT LAUT YANG HALAL DAN AMAN UNTUK DIKONSUMSI

Cangkang kapsul keras merupakan suatu bentuk sediaan yang umum digunakan, dan diperkirakan sekitar 60 miliar cangkang kapsul digunakan setiap tahun untuk produk farmasi. Karagenan merupakan polisakarida yang diekstraksi dari rumput laut. Formula cangkang kapsul karagenan cocok untuk obat-obat yang terdekomposisi oleh asam lambung, Cangkang Kapsul Rumput Laut ini hasil penelitian dari Prof. Dr. Dra. Pratiwi Pudjiastuti, M.Si. dan diproduksi secara mandiri. Produk inovasi Cangkang Kapsul Rumput Laut dikembangkan oleh Teaching Industry Universitas Airlangga dengan PT INOBI.

EXCELZYME

TEACHING INDUSTRY INI MENGHASILKAN PRODUK EXCELZYME YANG MERUPAKAN ENZIM-ENZIM KONSORSIUM YANG BEKERJA DAN BERAKTIFITAS UNTUK MEMAKSIMALKAN LIMBAH PERTANIAN, NAN KAYA LIGNOSELULOSA.

Produk Excelzyme saat ini sudah memiliki empat varian: Excelzyme 1 (membantu proses deinking untuk daur ulang kertas), excelzyme 2 (membantu pembuatan pakan ternak organik), excelzyme 3 (membantu pembuatan pupuk organik), dan excelzyme 4 (varian ini masih dalam pengembangan, ditujukan untuk proses pengurangan lignin yang aplikasi diterapkan pada industri kertas atau industri berbahan dasar kayu). Excelzyme diteliti Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih M.Si. Produk ini dikembangkan oleh Teaching Industry Universitas Airlangga dengan PT. Petrosida Gresik.

EKSTRAK ALERGEN

TEACHING INDUSTRY INI MENGHASILKAN PRODUK EKSTRAK ALERGEN UNTUK PEMENUHAN KIT DIAGNOSTIC DAN IMMUNOTHERAPY ALERGEN DALAM NEGERI.

Ekstrak Alergen yang digunakan sebagai diagnostic kit maupun immunotherapy alergen dalam kemasan primer yang berupa vial berisi 5 ml allergen dengan rasio w/v sebesar 1:20. Diagnosis dan immunotheraphy 5 (lima) alergi, yaitu: house dust mite, susu, telur, udang, ayam. Ekstrak Alergen diteliti oleh Prof. Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt.

ARTEMIA

TEACHING INDUSTRY INI MENGHASILKAN PRODUK PAKAN ALAMI UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN DALAM NEGERI.

 

 

Artemia adalah produk pakan alami yang berasal dari species crustacean yang saat ini masih 100 persen diimpor dari luar negeri. Universitas Airlangga melalui BPBRIN mendirikan Teaching Industry Artemia untuk memenuhi kebutuhan pakan alami di dalam negeri. Peneliti produk inovasi ini adalah : Prof. Moch. Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D

Informasi selengkapnya tentang Teaching Industry Universitas Airlangga.

BPBRIN

Penelitian UNAIR

Bersama-sama dengan para mitra, Universitas Airlangga berkolaborasi dengan potensi unggulan setiap pihak dalam pengembangan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan tinggi. Terutama bidang penelitian dalam menghadapi problem isu di tengah masyarakat.