EKO FAJAR CAHYONO S.E., M.E.

Faculty of Economics and Business

To update profile, please update via uacc.unair.ac.id Profile (social media and awards) and Tri Dharma menu

Lecturer Profile

Education History

No Degree Institution Start End
1 S1 UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2010
2 S2 UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2012

Research Interest

No Subject
1 Analisis Efisiensi dan Produktivitas Lembaga Zakat dengan Pendekatan Super Efficiency dan Free Disposal Hull
2 Analisis Efisiensi dan Produktivitas Lembaga Zakat dengan Pendekatan Super Efficiency dan Free Disposal Hull
3 Pengembangan Kawasan Industri Halal di Indonesia: Pendekatan Metode ISM-ANP (Interpretative Structural Modeling-Analytical Network Process)
4 "PEMETAAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS PERBANKAN INDONESIA 2006-2015: PERLUKAH MERGER BANK?"
5 Persepsi Kesukaan dan Ketidaksukaan Terhadap Industri Keuangan Syariah Pada Media Sosial di Indonesia
6 Analisis Perbandingan Bank Umum Syariah dengan Bank Konvensional di Indonesia Sebelum dan Sesudah Krisis Keuangan Global. Periode Januari 2003 ??? Desember 2016.
7 Analisis Perbandingan Kualitas Pembiayaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional di Indonesia Periode Januari 2003 ??? Oktober 2015
8 EFISIENSI KINERJA KEUANGAN UNIT USAHA SYARIAH BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI SUMATERA DAN JAWA
9 ROLE OF ECONOMIC EMPOWERMENT THROUGH THE QARDUL HASAN SCHEME OF MUSTAHIQ BUSINESS DEVELOPMENT (CASE STUDY ON PEOPLE OF AL-AZHAR CARES)
10 Dampak Kebijakan Makroprudensial terhadap Perilaku Bank Syariah di Indonesia

Publication

No Publication Year
1 Dynamics relationship between the composite and Islamic index in the capital market of Indonesia
2 Prediction of the Number of Foreign Tourist Arrival in Indonesia Halal Tourism Entrance using Simultaneously Fourier Series Estimator
3 A Comparative Analysis between Islamic Banks and Conventional Banks in Indonesia Before and After Global Financial Crisis
4 POTENTIALS OF IMPLEMENTATION OF SHARIA PRINCIPLES IN THE TOURISM SECTOR OF BATU CITY,EAST JAVA 2020
5 The Role of a Compost House in Producing Externalities, Based on an Islamic Perspective 2020
6 Empirical analysis of non-performing financing in the case of Indonesian Islamic banks 2020
7 Empirical analysis of non-performing financing in the case of Indonesian Islamic banks 2020
8 The Effect of Social Capital and Human Capital on Performance Effectiveness of National Zakat Institutions in Indonesia, Surabaya, Headquarters Experiences 2020
9 PENGARUH INSTRUMEN MONETER KONVENSIONAL DAN INSTRUMEN MONETER SYARIAH TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO PERIODE 2012-2016 2019
10 POLA PERILAKU KONSUMSI GENERASI MILLENIAL TERHADAP PRODUK FASHION PERSPEKTIF MONZER KAHF : STUDI KASUS MAHASISWI UNIVERSITAS AIRLANGGA 2019
11 FACTORS THAT INFLUENCE GROSS DOMESTIC PRODUCT IN OIL EXPORTING COUNTRIES MEMBERS OF THE ORGANIZATION OF ISLAMIC COOPERATION (OIC) IN THE PERIOD 1985-2016 2019
12 PERBEDAAN KINERJA PERTUMBUHAN EKONOMI PADA KUARTAL RAMADHAN DAN RATA-RAKUARTAL DILUAR RAMADHAN DAN IDUL FITRI 1 2019
13 FAKTOR-FAKTOR PENILAIAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KOSMETIK HALAL (STUDI KASUS MAHASISWI MUSLIMAH FAKULTAS EKONOMI DAN BINIS UNIVERSITAS AIRLANGGA) 1 2019
14 KOMPARASI EFISIENSI & PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN ASURANSI JIWA KONVENSIONAL DAN SYARIAH DI INDONESIA PADA TAHUN 2014 ??? 2017, DENGAN PENDEKATAN DEA & INDEKS MALMQUIST 2019
15 PENGARUH PEMBIAYAAN PERBANKAN KONVENSIONAL DAN PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA PADA TAHUN 2008-2018 2019
16 PENERAPAN PERILAKU KONSUMSI ISLAM PADA PENERIMA BEASISWA SATU KELUARGA SATU SARJANA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DI JAWA TIMUR (PERSPEKTIF FAHIM KHAN) 2019
17 PERAN BANK SYARIAH DALAM MENGGERAKKAN MOBILITAS SOSIAL (STUDI KASUS: PENGARUH PEMBIAYAAN BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI UMKM MELALUI PEMBIAYAAN UMKM DI INDONESIA) 2019
18 PERSEPSI PENILAIAN HAK DAN KEWAJIBAN KETENAGAKERJAAN ISLAM PERSPEKTIF CHAUDHRY PADA KARYAWAN BANK JATIM SYARIAH 2019
19 HUBUNGAN DANA PENANGGULANGAN KEMISKINAN PEMERINTAH DAN ZISWAF TERHADAP JUMLAH PENDUDUK MISKIN 1 2019
20 ANALISIS PENGARUH FAKTOR HARGA, PENDAPATAN, KUALITAS DAN ATRIBUT PRODUK ISLAM TERHADAP PURCHASE INTENTION DI KEDAI KOPI BYCOFFEE SURABAYA 2019

Community Service

No Program Year
1 Narasumber Topik Hidup Berkah Tampa Riba 1970
2 Narasumber Menyikapi Kasus Property Syariah di Jawa Timur 1970
3 Narasumber Menyikapi Kasus Property Syariah di Jawa Timur 1970
4 Tentang MLM Umrah pada edisi 770 November 2015 Tentang Kartu Kredit pada edisi 748 Juni 2015 1970
5 Menjawab Rubrik Tanya Jawab Bisnis Syariah pada Tabloid Nurani Tentang jual beli valuta asing pada Edisi 735 Maret 2015 1970
6 Menjadi Pembicara Talk Show pada Radio Suara Muslim Surabaya FM tentang MLM 1970

Association Membership

No Association
1 Ikatan Ahli Ekonomi Indonesia Universitas Airlangga
2 Masyarakat Ekonomi Syariah Jawa Timur
3 ISEI (Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia)
4 FORDEBI (Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam)

Awards

No Awards Year
1 Finalis Presenter Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah 2019
2 Pembimbingan mahasiswa skripsi atas nama Ahmad Itisam Naufal Nureza yang mendapat dana penelitian dari Otoritas Jasa Keuangan RI senilai Rp 15.000.000
3 Menjadi Penulis Terpilih untuk Makalah Yang Dipresentasikan The 5th International Islamic Monetary Economics and Finance (IIMEFC)
4 Finalis Presenter Makalah The 3rd International Islamic Monetary Economics and Finance Conference

Social Media

No Social Media URL Link
1 Instagram
2 Facebook https://www.facebook.com/ekofajar.cahyono.9?ref=bookmarks
Lecturer Contact
ekofajarc (at) feb.unair.ac.id
-