fbpx

Universitas Airlangga Official Website

PENGABDIAN

Universitas Airlangga aktif dalam mendorong dan merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi di tengah masyarakat. Bersama masyarakat, Universitas Airlangga berpadu mendorong penemuan solusi atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Realisasi itu diwujudkan UNAIR melalui sejumlah program pengabdian yang secara berkesinambungan disesuaikan dan dioptimalkan. 

INTERNASIONAL

WORLD UNIVERSITIES ASSOCIATION FOR COMMUNITY DEVELOPMENT (WUACD)

Universitas Airlangga secara aktif berkontribusi di kancah internasional. melalui program World Universities Association for Community Development (WUACD). WUACD merupakan langkah kolaboratif dan upaya yang terorganisasi dengan baik dalam menyelesaikan isu-isu global seperti kemiskinan, kesehatan, ketidaksetaraan, iklim, kerusakan lingkungan, dan lain-lain.

KOLABORASI ADELAIDE UNIVERSITY

Mendukung terbukanya akses kesehatan Ibu dan Anak, University of Adelaide dan Universitas Airlangga bekerja sama membentuk sebuah proyek. Tujuannya, meningkatkan kapasitas dari enam rumah sakit dan departemen kesehatan di Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan, Kabupaten di Kalimantan Timur; serta Pasuruan, Jombang, dan Kabupaten Tuban di Jawa Timur, Indonesia.

PENGABDIAN UNAIR

Informasi detail terkait dengan pengabdian UNAIR dapat dilihat di Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

NASIONAL

DESA BINAAN

Universitas Airlangga aktif mendorong pengembangan kehidupan masyarakat di desa dengan pendampingan lintas bidang ilmu melalui program Desa Binaan. Universitas dan masyarakat berkolaborasi mendorong kemandirian, kemajuan pendidikan, peningkatan ekonomi, solidaritas sosial, serta penguatan nilai-nilai kearifan lokal setempat. 

RS TERAPUNG KSATRIA AIRLANGGA

Alumni Universitas Airlangga berkomitmen terhadap kesetaraan layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah-wilayah pelosok Indonesia. Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga hadir untuk memberikan layanan kesehatan. Baik pemeriksaan maupun operasi kecil. Pertolongan dan penyetaraan fasilitas layanan kesehatan terhadap seluruh warga Indonesia merupakan panggilan mengabdi bagi alumni UNAIR.

KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Pelaksanaan KKN-BBM berada dibawah koordinasi Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat UNAIR. Program ini berfokus pada pengabdian di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial masyarakat di daerah. Terdapat beragam jenis KKN di Universitas Airlangga

TANGGAP DARURAT

UNAIR berkomitmen melakukan upaya respon cepat terhadap keadaan darurat yang terjadi di Indonesia. Baik disebabkan oleh bencana alam maupun hal lain. Bersama dengan koordinasi pemerintah dan berbagai pihak lainnya, UNAIR berupaya meringankan beban pihak-pihak tertentu dalam menghadapi keadaan darurat.

 

REGIONAL

KOLABORASI INSTANSI/ LEMBAGA

Program pengabdian masyarakat Universitas Airlangga juga diarahkan ke lingkup terdekat kampus. Baik di wilayah Provinsi Jawa Timur maupun Kota Surabaya. Khususnya pada isu-isu yang berhubungan dengan lingkungan, kesehatan masyarakat, dan pendidikan. Misalnya, UNAIR berkolaborasi dengan Bonek (Suporter Persebaya) dalam melakukan kegiatan bersih di lingkungan di kawasan Kali Surabaya.

SEBARAN PENGABDIAN

Keterangan Warna Peta

KKN
Bina Desa

VIDEO PENGMAS

MITRA PENGMAS

UNAIR memercayai kolaborasi dan gotong royong dengan berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri, kian memperluas dampak yang diberikan. Mengingat, salah satu nilai kearifan yang dimiliki bangsa Indonesia adalah kekuatan gotong royong dan persatuan. Memperkuat kolaborasi bukan hanya memperluas dampak baik, melainkan meringankan visi besar bersama untuk menjadikan Indonesia maju.