Universitas Airlangga Official Website

Pembuatan Gigi Tiruan Lengkap pada Pasien Flat Ridge dengan Closed Mouth Method

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Foto by Kompas.com

Pasien geriatri dengan kondisi medis yang terganggu membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan memadai. Pada orang tua yang sudah tidak memiliki gigi lagi akan kesulitan memenuhi asupan nutrinya sehingga bisa membuat status kesehatannya menjadi buruk, sehingga bisa menyebabkan banyak penyakit kronis. Oleh karena itu, perawatan gigi tiruan lengkap untuk geriatri terutama dengan kondisi medis yang terganggu sangat disarankan untuk meningkatkan asupan gizi. Keberhasilan gigi tiruan lengkap bergantung pada stabilitas, kenyamanan, dan retensinya. Namun, pada beberapa pasien terjadi resorpsi ekstrim pada ridge, sehingga ridge menjadi flat dan mengakibatkan gigi tiruan yang tidak stabil dan tidak retentif disertai rasa sakit.

Pasien berusia 86 tahun datang ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Airlangga dan ingin membuat gigi tiruan untuk meningkatkan kualitas pengunyahannya. Pasien didiagnosis menderita fibrilasi atrium, diabetes mellitus, dan gastritis kronis oleh dokter penyakit dalam dan telah mengkonsumsi warfarin, digoxin, dan glimepiride setiap hari dalam 18 tahun terakhir. Pasien pernah memakai gigi tiruan yang dibuat oleh tukang gigi dan dibongkar 2 bulan yang lalu karena infeksi. Sejak itu, pasien merasa sangat sulit untuk mengunyah dan nafsu makannya menurun. Kondisi rongga mulut yang ditemukan adalah edentulous ridge pada kedua rahang, dengan flat ridge di posterior mandibula dengan tinggi hanya 2 mm. Pasien dilakukan perawatan dengan metode pencetakan khusus yaitu closed mouth method agar dapat mendapatkan retensi dan stabilitas yang maksimal.

Setelah pemakaian gigi tiruan selama satu bulan, pasien merasa sangat puas dengan perawatan ini. Gigi tiruan dirasa retentif, stabil, dan nyaman. Pasien sudah bisa makan lebih banyak dari sebelum menggunakan gigi tiruan. Metode ini terbukti menjadi solusi untuk kasus-kasus dengan flat ridge. Keberhasilan perawatan gigi tiruan lengkap dapat meningkatkan kualitas hidup pasien geriatri dengan kondisi medis yang terganggu.

Penulis: Ratri Maya Sitalaksmi, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.Pros(K)

Informasi detail dari penelitian ini dapat dilihat di : https://doi.org/10.30574/wjarr.2022.13.3.0236

Ratri M. Sitalaksmi, Ivan Djuarsa

Complete denture treatment with closed mouth impression method for medically compromised elderly patients with flat ridge

World Journal of Advanced Research and Reviews, 2022, 13(03), 401–404