Universitas Airlangga Official Website

Dukungan Organisasi yang Dirasakan dan Kepuasan Kerja untuk Menciptakan Kreativitas

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Foto by Sarjana Ekonomi

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan yang luar biasa dalam kesadaran publik tentang inovasi dan keberlanjutan. Para pemimpin organisasi semakin mengakui nilai keberlanjutan sebagai strategi bisnis untuk mengatasi masalah lingkungan, ekonomi, dan sosial secara adil, komprehensif, dan jangka panjang, yang memungkinkan semua pemangku kepentingan mendapatkan manfaat. Karena kreativitas adalah langkah awal dalam inovasi, banyak organisasi telah meningkatkan upaya mereka untuk menumbuhkan kreativitas. Inovasi karyawan akan dipandang sebagai sumber keunggulan kompetitif bagi organisasi dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Karyawan dapat meningkatkan kinerja organisasi mereka dengan menggunakan kreativitas untuk menghasilkan prosedur, teknologi, teknik, atau konsep produk yang inovatif.

Organisasi yang tidak berinovasi atau menjadi kreatif berisiko kehilangan daya saing dan kelangsungan hidup jangka panjangnya. Sesuatu yang khas, unik, orisinal, sudut pandang yang segar, atau sesuatu yang sebelumnya tidak ada dapat dikaitkan dengan kreativitas. Kreativitas karyawan adalah komponen penting dari kesuksesan jangka panjang setiap organisasi, inovasi organisasi, dan keunggulan kompetitif jangka panjang. Manajer akan didorong dalam hal ini untuk selalu membantu pekerja dalam mengoptimalkan pemikiran kreatif mereka dengan harapan mengembangkan barang-barang unik karena tidak dapat disangkal bahwa memiliki sumber daya untuk mengeksplorasi kreativitas mereka adalah aset paling berharga perusahaan.

Kepuasan kerja karyawan didefinisikan sebagai keadaan emosional yang menyenangkan atau positif yang timbul dari penilaian pekerjaan atau pengalaman kerja seseorang yang memiliki dampak besar pada keberlanjutan ekonomi dan sosial organisasi atau dapat dipahami sebagai respons afektif positif seseorang terhadap pekerjaannya sebagai keseluruhan. Kepuasan kerja sangat penting karena sikap positif karyawan dalam suatu organisasi merupakan faktor penting yang menentukan apakah karyawan dapat bekerja dengan baik dan memberikan kinerja yang terbaik, seperti perwujudan kreativitas. Hal ini tentunya menjadi sebuah inovasi yang sangat berguna dalam menghadapi persaingan bisnis yang ada. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan pada perusahaan media cetak yang perlu selalu berpartisipasi dalam inovasi karena perusahaan perlu mendukung kualitas produknya.

Dalam penelitian ini populasinya adalah karyawan pada divisi Sales Executive sebanyak 39 orang. Dalam penelitian ini penentuan sampel dilakukan dengan sampel jenuh atau sample dikarenakan banyaknya pegawai pada divisi Sales Executive, artinya seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi teknik pengolahan data, uji validitas, dan uji reliabilitas yang diolah dengan metode statistik melalui software Partial Least Square (PLS) yang merupakan bagian dari Structural Equating Model (SEM).

Berdasarkan hasil pengelolaan data dengan menggunakan software analisis Partial Least Square (PLS), dapat disimpulkan bahwa persepsi dukungan organisasi terhadap kreativitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja responden, dan kepuasan kerja juga berpengaruh signifikan terhadap kreativitas karyawan. tetapi persepsi dukungan organisasi terhadap kreativitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kreativitas karyawan dan persepsi dukungan organisasi terhadap kreativitas berpengaruh signifikan terhadap kreativitas melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Kreativitas karyawan telah lama diakui sebagai komponen kunci dalam mencapai kesuksesan jangka panjang, inovasi organisasi, dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan bagi organisasi mana pun. Temuan penelitian ini menyarankan agar Sales Executive PT. SKG Surabaya mendapatkan pendampingan kreatif yang memadai, memungkinkan mereka untuk menunjukkan perilaku positif dengan puas dengan pekerjaannya. Akibatnya, karyawan akan dapat menumbuhkan kreativitas, yang sangat penting untuk proses inovasi, dan organisasi akan dapat berkembang secara berkelanjutan.

Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan yang diuraikan dalam penelitian ini, penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi manajemen perusahaan untuk mengetahui pengaruh dukungan organisasi yang dirasakan terhadap kreativitas (POS untuk kreativitas) dan kepuasan kerja terhadap kreativitas. Hal ini diketahui berpengaruh dalam menunjukkan bagaimana karyawan memandang bahwa organisasi mereka menghormati pekerjaan mereka dan memiliki kepedulian terhadap kesejahteraan mereka, dapat mempengaruhi penilaian pekerjaan atau pengalaman kerja seseorang, yang memiliki dampak substansial pada keberlanjutan ekonomi dan sosial dan dapat mempengaruhi generasi ide-ide baru atau menawarkan produk dan operasi unik yang dapat diimplementasikan dan meningkatkan kesinambungan dan efektivitas organisasi. Selain itu, perusahaan harus dapat membuat kegiatan rutin dalam jangka waktu tertentu bagi karyawan divisi Sales Executive terkait dengan pengembangan kreativitas, seperti konferensi atau seminar tentang pentingnya pencapaian kinerja kreatif bagi perusahaan. Hal ini penting karena merupakan dukungan perusahaan terkait dengan pembentukan dan pengembangan kompetensi individu karyawan yang dinilai cukup mendukung dan akan memicu perasaan puas bagi karyawan dalam bekerja sehingga perusahaan akan mampu menciptakan proses inovasi yang lebih baik dan memperoleh hasil yang lama. keberhasilan jangka panjang, dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Penulis: Anis Eliyana

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di: https://www.webology.org/abstract.php?id=2325

 (Perceived Organizational Support And Job Satisfaction To Create Creativity)