Universitas Airlangga Official Website

UNAIR Raih Posisi 5 Indonesia dalam THE Impact Rankings 2022

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Desain: Suhail Alhazimi

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menduduki peringkat #201-300 dunia dalam perangkingan THE Impact 2022 dengan total skor 81 dari 100. Pencapaian ini meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu yang hanya meraih peringkat #401-600 dunia. Dalam skala nasional, UNAIR berhasil menduduki peringkat ke-5.

Rangkaian acara THE Innovation & Impact Summit digelar di Stockholm City Hall, Swedia, beberapa waktu yang lalu. Dr. Muhammad Miftahussurur MKes SpPD-KGEH PhD selaku Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Informasi bersama Bayu Arie Fianto SE MBA PhD selaku Ketua SDGs Center menjadi perwakilan dari UNAIR menghadiri acara tersebut. Sebanyak 1524 perguruan tinggi dari seluruh dunia mengikuti perangkingan THE Impact 2022.

Atas pencapaian itu, Rektor UNAIR Prof. DrMohammad Nasih, SE., MT., Ak mengucapkan banyak terima kasih kepada semua sivitas akademika dan alumni yang telah banyak berperan.

“Capaian ini kita kembalikan kepada kawan-kawan, seluruh warga, dan keluarga,” ucap Rektor. “Sesuai dengan strategi kami semua, UNAIR berkontribusi dalam pencapaian SDGs tahun 2030,” tambahnya.

Sebagai informasi, Times Higher Education (THE) Impact Rankings merupakan perangkingan dunia yang menilai implementasi keberhasilan universitas terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) PBB atau UN’s Sustainable Development Goals (SDGs). Penilaian perangkingan ini didasarkan pada bidang penelitian, pengajaran, pengabdian, dan pengelolaan yang dilakukan oleh universitas.

Dari ke-17 SDGs, UNAIR berhasil unggul pada 4 SDGs. Yaitu SDG 1: No Poverty dengan perolehan nilai sebesar 76,7 dan berhasil menduduki peringkat #58 dunia, SDG 3: Good health and Well-Being dengan perolehan nilai sebesar 74,5 dan berhasil menduduki peringkat #101-200 dunia, SDG 6: Clean Water and Sanitation dengan perolehan nilai sebesar 72,9 dan peringkat #70 dunia, dan SDG 17: Partnerships for The Goals dengan perolehan nilai sebesar 85,5 dan peringkat #101-200 dunia.

“Komitmen kita adalah hari ini harus bekerja dengan lebih sistematis dan lebih keras lagi untuk bisa menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ucap Rektor. Untuk itu, lanjutnya, perencanaan atau planning menjadi tujuan nasional agar kontribusi UNAIR dapat berdampak pada SDGs. Ia menuturkan, ke depan UNAIR meningkatkan komitmen dengan berkordinasi bersama pihak terkait untuk penilaian SDGs. Untuk itu, segala informasi berupa fakta dan bukti berkaitan dengan kontribusi terhadap SDGs akan disampaikan kepada penilai. (*)

Penulis: Mirna Safira

Editor: Binti Q. Masruroh