D3 Pengobat Tradisional Thursday, 07 January 2016 04:48

 

TENTANG PROGRAM STUDI D3 PENGOBAT TRADISIONAL

Program Studi Pengobat Tradisional merupakan program studi strata Diploma III yang mengembangkan pengobat komplementer yang komprehensif dalam bidang intervensi fisik dan herbal yang didirikan pada tahun 2005 dengan SK Rektor Nomor 6167/JO3/PP/2005. Program Studi Pengobat Tradisional juga merupakan satu-satunya program studi di Indonesia yang dalam pengelolaan perguruan tinggi sehingga Program Studi Pengobat Tradisional merupakan pionir dalam pelaksanaan dan pengembangan pengobat komplementer yang berbasiskan tradisi Indonesia.

 

Perkembangan Program Studi

Kecenderungan perkembangan keilmuan yang mengalami perubahan dari pemikiran deduksi ke arah yang lebih holistik memungkinkan aspek tradisional dalam pengobatan tradisional akan semakin marak untuk dikaji dan dikembangkan lebih jauh. Searah dengan pemikiran tersebut, maka Program Studi Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga berupaya untuk selalu melakukan peningkatan kualitas dalam bidang akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat guna mengembangkan program studi ke arah yang lebih maju. Dalam bidang akademik, diupayakan untuk memberikan materi pembelajaran dan metode pembelajaran dengan mengikuti perkembangan keilmuan Pengobatan tradisional. Pengembangan bidang penelitian dilakukan dengan memacu staf pengajar untuk melakukan penelitian yang bersifat peningkatan kualitas dan pengembangan Pengobat Tradisional bersama-sama dengan Pengobat konvensional dalam penanganan kesehatan masyarakat. Hasil pengembangan Pengobatan tradisional yang telah dilakukan diupayakan untuk disebarkan pada masyarakat guna meningkatkan kualitas kesehatan dalam masyarakat. Upaya tersebut memiliki tujuan agar Program Studi Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mampu menjawab tantangan sain dan teknologi serta dapat mengikuti perubahan politik, budaya dan seni yang terus berkembang.

 

Peningkatan pembelajaran dan program akademik yang dilakukan oleh Program Studi Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga bermuara pada lulusan yang dapat berkompetisi di pasar global bidang kesehatan sehingga dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan dari stake holder baik secara keilmuan maupun performans lulusan. Keberhasilan kompetisi lulusan Program Studi Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga merupakan hasil peran program studi sebagai penyelenggara pendidikan yang berada di bawah suatu fakultas yang memberikan kemudahan dalam pengembangan program studi. Kerja sama yang baik dalam pengembangan program studi baik di dalam fakultas maupun antar fakultas dalam universitas merupakan suatu input yang dapat dikembangkan selain melakukan kerja sama dengan pihak swasta yang mampu melakukan pengembangan dalam masyarakat.

 

VISI

Menjadi sentra pengembangan pengobat tradisional yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi pengobat tradisional berdasarkan moral agama.

 

MISI

Misi Program Pendidikan D-III Pengobat Tradisional/BATTRA adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional yang terintegrasi dalam model pelayanan kesehatan berwawasan budaya bangsa dan moral agama.
  2. Mendorong terciptanya standarisasi pendidikan BATTRA, dan standarisasi peralatan BATTRA.
  3. Melakukan penelitian di bidang BATTRA yang inovatif untuk dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat.
  4. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang BATTRA kepada masyarakat.

 

KURIKULUM

Download kurikulum program studi d3 pengobat tradisional Klik disini

 

TUJUAN

Tujuan Umum:

  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki kepribadian yang tangguh, percaya diri, hasrat untuk maju, berpikir kritis dilandasi keimanan, ketakwaan dan nilai moral yang luhur.
  2. Mempunyai kemampuan untuk menerapkan/mengembangkan model pelayanan kesehatan berwawasan budaya bangsa.
  3. Mampu mengintegrasikan pengobat tradisional ke dalam sistem pengobat konvensional yang dibutuhkan masyarakat.
  4. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan serta kemajuan ilmu dan teknologi, maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan di bidang pengobat tradisional.

Tujuan Khusus:

  1. Melakukan perawatan dan membuat rencana pengobat tradisional penderita berdasar kompetensinya (akupunktur, herbal, terapi diet dan pijat).
  2. Menentukan jenis kebutuhan pengobat tradisional yang diperlukan penderita sebagai usaha penyembuhannya.
  3. Merencanakan dan mengelola pelayanan pengobat tradisional.

 

STAF PENGAJAR

*(Informasi web sedang dalam proses update)

 

KONTAK FAKULTAS

  • Fakultas Vokasi
  • Kampus B Universitas Airlangga
  • Jl. Srikana 65 Surabaya, 60286
  • Telp. (031) 5033869, 5053156, 
  • Fax : (031) 5053156