S1 Ilmu Informasi dan Perpustakan Wednesday, 06 January 2016 07:24

 

TENTANG PROGRAM STUDI ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN

Sesungguhnya sudah sejak lama, masyarakat telah memprediksi bahwa abad 21 adalah era yang membawa perubahan besar dalam peradaban manusia. Era yang kita sebut sebagai era informasi ini memunculkan dampak-dampak perkembangan baru dalam berbagai macam aspek kehidupan, terlebih dengan adanya kemajuan teknologi informasi. Dengan fenomena ini, informasi menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak terhindarkan. Perkembangan yang terjadi selanjutnya adalah semakin massif-nya informasi sehingga terjadi ledakan informasi serta munculnya kesulitan-kesulitan dalam penemuan informasi tersebut. Oleh karena itu menjadi sangat mendesak dibutuhkan upaya-upaya untuk dapat mengumpulkan serta mengolah informasi yang terus berkembang itu agar dapat ditemukan kembali. Namun persoalan menjadi rumit ketika harus memikirkan pula tentang apakah informasi yang ditemukan telah sesuai dengan kebutuhan ataukah tidak. Menyadari hal ini, perlu diakui bahwa informasi sebenarnya merupakan aspek penting dalam kehidupan masyarakat modern.

 

Perkembangan masyarakat modern yang sering disebut dengan masyarakat post-industrial di mana informasi menjadi makin penting dan strategis, dengan demikian merupakan tantangan yang menyadarkan dunia akademik akan pentingnya penyempurnaan orientasi pendidikan Ilmu Informasi dan Perpustakaan untuk menghadapi perubahan jaman. Orientasi pendidikan ditujukan tidak hanya bertumpu pada kemampuan dalam menciptakan sistem pengumpulan, pengolahan, serta penemuan kembali informasi tetapi diarahkan juga pada pengemasan informasi, penyebaran informasi dengan kekuatan marketing disertai dengan dukungan teknologi informasi bahkan kemampuan managerial bagi institusi pengelolanya.  Selain itu perlu pula adanya pemahaman konseptual serta teoritik tentang informasi dan setting masyarakat di mana terjadinya ledakan serta kebutuhan informasi yang semakin meningkat. Dengan penyempurnaan orientasi ini lulusan diharapkan selain mempunyai pengetahuan konseptual dan pemahaman teoritik tentang informasi serta kelompok maupun masyarakat penggunanya, juga ditujukan agar lulusan memiliki kompetensi dalam menciptakan suatu sistem pengumpulan, pengolahan, penyebaran serta penemuan informasi yang responsif dan empatif pada kebutuhan masyarakat. Pada akhirnya dengan kompetensi tersebut diharapkan lulusan mampu bersaing dan terserap dalam dunia kerja di bidang informasi baik di perpustakaan, pusat-pusat informasi, arsip dan dokumentasi maupun lembaga jasa informasi yang diprediksikan keberadaannya semakin penting di era informasi dan masa mendatang.

 

Dengan penyelenggaraan pendidikan disertai dengan penyempurnaan orientasi dan kompetensi lulusan sebenarnya Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan melakukan upaya dengan mengambil bagian yang penting dalam mempersiapkan SDM yang terampil dan mumpuni. Oleh karenanya penyelenggaraan pendidikan pada Program Studi S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga senantiasa berisi kurikulum yang diarahkan selalu responsif dan adaptif terhadap perubahan jaman dan kebutuhan masyarakat pada informasi yang senantiasa bersifat dinamis.

 

VISI

Menjadi program studi yang menyelenggarakan pendidikan secara inovatif, responsif dan bermoral dalam upaya pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan yang mampu menjawab dinamika kebutuhan masyarakat dan perubahan jaman.

 

MISI 

  • Menyelenggarakan proses belajar-mengajar yang inovatif dan dinamis dalam bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
  • Mengembangkan kajian-kajian kritis dan analitik dalam Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
  • Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan
  • Melakukan pengabdian pada masyarakat di bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
  • Mengupayakan profesionalisme dan kompetensi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan informasi dalam masyarakat yang semakin dinamis.

 

TUJUAN

Tujuan pendidikan secara umum adalah menyiapkan dan menghasilkan sarjana yang mempunyai kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah Ilmu Informasi dan Perpustakaan serta menyebarluaskan dan mengupayakan pemanfaatannya untuk kepentingan pembangunan dan dunia usaha, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sedangkan tujuan secara khusus adalah:

  • Menyelenggarakan proses pengajaran yang produktif dan inovatif sesuai kebutuhan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta kepentingan dunia usaha.
  • Mengembangkan proses belajar dengan iklim akademik yang dinamis yang mendukung tumbuhnya pemikiran-pemikiran yang kritis dan analitik.
  • Mengembangkan gagasan dan minat untuk menekuni bidang-bidang kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan untuk memperkaya sumbangan keilmuan yang senantiasa inovatif dan sesuai dinamika perkembangan masyarakat.
  • Mengembangkan proses pembelajaran yang mampu menghasilkan rancangan sistem di bidang informasi dan perpustakaan.
  • Mengembangkan kajian-kajian serta penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan serta pengabdian pada masyarakat.
  • Mengembangkan proses pembelajaran yang mendukung kompetensi lulusan yang mampu mengelola informasi secara profesional.

 

KURIKULUM

 Download Kurikulum S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan Klik disini

 

STAF PENGAJAR

  1. Tri Soesantari (Dra., M.Si.)
  2. Wahyu Priyo Djatmiko (Dipl.If.Sc, MSc)
  3. Koko Srimulyo (Drs., M.si)
  4. Endang Gunarti (Dra., M.I.Kom.)
  5. Rahma Sugihartati (Dra., M.Si)
  6. Johny Alfian Khusyairi (S.Sos, M.Si)
  7. Imam Yuadi (S.Sos, M.MT)
  8. Endang Fitriyah Mannan (S.Sos., M.Hum.)
  9. Nove Eka Variant Anna (S.Sos., MIMS)
  10. Dyah Puspitasari (S.Kom)
  11. Helmy Prasetyo Y (S.Sos., M.KP.)
  12. Fitri Mutia (A.KS., M.Si.)
  13. Dessy Harisanti (S.Sos, MA)
  14. Yunus Abdul HaLim (S.Si, M.Kom.)
  15. Henni Endah Wahanani (S.T)

 

KONTAK FAKULTAS 

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Kampus B Universitas Airlangga
  • Jl. Dharmawangsa Dalam,  Surabaya, Indonesia 60286
  • Telepon : (031) 5011744, 5012442, 5017429, 5034015.
  • Fax : (031) 5047754
  • http://dip.fisip.unair.ac.id/