S1 Ilmu Antropologi Wednesday, 06 January 2016 06:18

 

TENTANG PROGRAM STUDI S1 ANTROPOLOGI

Sejak awal persiapan pembukaan Fakultas, gagasan yang dianut para pendiri adalah dapat dikembangkannya suatu program pendidikan ilmu-ilmu sosial di bawah satu atap, di mana kajian-kajian dasar dalam tiga cabang pokok ilmu-ilmu sosial (psikologi, sosiologi, dan antropologi), dapat diperlakukan sebagai komponen-komponen substantif pendidikan yang dapat saling merujuk dan menunjang.  Pada tahun 1979, setahun setelah berdirinya Fakultas Ilmu Sosial, Soetandyo Wignjosoebroto (Ketua Presidium Fakultas pada waktu itu) menulis sebuah makalah yang menegaskan kembali gagasan seperti itu. Makalah yang disajikan dalam rapat kerja yang diselenggarakan oleh konsorsium Sastra dan Filsafat untuk membahas masalah pengembangan Program Studi Antropologi Sosial, dan sekaligus menyinggung pemikiran tentang dikembangkannya program pendidikan antropologi di Fakultas Ilmu-ilmu Sosial, khususnya di FISIP Unair. Dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1981, Dr. Adi Sukadana, seorang Lektor Kepala di Bagian Anatomi Fakultas Kedokteran Unair, telah pula menyampaikan sebuah konsep tentang kemungkinan dibukanya Program Studi Antropologi Sosial di Universitas Airlangga.  Konsep itu membentangkan kelayakan pembukaan Jurusan atau Program Studi Antropologi dengan mengemukakan uraian ringkas tentang tenaga kerja, lokasi peralatan, calon mahasiswa, kelayakan tindakan (action feasibilities), pembiayaan serta mempertimbangkan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat rencana tersebut.


Sejak tahun itu persiapan-persiapan dilakukan, tidak hanya untuk kepentingan operasional, akan tetapi juga untuk memperoleh penilaian kelayakan dan persetujuan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.  Untuk maksud-maksud tersebut kontak-kontak dengan Jurusan Antropologi Fakultas Sastra Universitas Indonesia pun dilakukan. Setahun setelah Jurusan Antropologi di Fakultas Sastra Ul dipindahkan ke FISIP-UI, bersejajar dengan ide yang sebenarnya telah dikemukakan di lingkungan FISIP Unair beberapa tahun sebelumnya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mengijinkan dibukanya Program Studi Antropologi Sosial di Universitas Airlangga.

 

Pada tanggal 24 September 1984 keluar Surat keputusan Direktorat jendral Pendidikan Tinggi No. 117/Dikti/Kep/1984 tentang pendirian Program Studi Antropologi Sosial. Pada tahun 1985 program studi Antropologi FISIP Unair mulai menerima mahasiswa baru.

 

VISI

Program Studi Antropologi Sosial Universitas Airlangga mampu menjadi institusi keilmuan yang inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, humaniora dan kebudayaan berdasarkan moral keagamaan.



MISI

Program Studi Antropologi Sosial di Universitas Airlangga ingin menghasilkan lulusan yang handal melalui pemahaman yang baik secara menyeluruh tentang manusia, baik di bidang ragawi maupun budaya, yang saling berkaitan satu sama lain. Lulusan diharapkan mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang baik untuk mengatasi berbagai masalah dalam masyarakat. Lulusan akan mempunyai kemampuan analitik dan reaktif mengenai berbagai fenomena masyarakat yang dilaksanakan dengan pendekatan antropologis. Misi Program Studi Antropologi adalah: 

  • Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing.
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis metode pembelajaran inovatif
  • Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang Antropologi untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mendharmabaktikan bidang Antropologi kepada masyarakat.

 

TUJUAN

Secara umum, tujuan diselenggarakannya pendidikan Program Sarjana Antropologi Sosial FISIP Unair adalah melaksanakan kegiatan pendidikan ilmu antropologi, kegiatan penelitian antropologi, serta pengabdian kepada masyarakat, dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Antropologi, yang dapat dipakai untuk melanjutkan karir akademik maupun non-akademik, baik di lingkungan maupun di luar lingkungan Perguruan Tinggi.

Secara khusus, tujuan diselenggarakannya pendidikan Program Sarjana Antropologi Sosial FISIP Unair adalah:

  • menghasilkan Sarjana Antropologi yang memiliki pengetahuan dan kepekaan dalam memahami kehidupan masyarakat dan kebudayaan di Indonesia,
  • menghasilkan Sarjana Antropologi yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami dan menganalisis persoalan nilai, norma, struktur, proses dan perubahan masyarakat, melalui kuliah dan penelitian lapangan.
  • mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori antropologi, khususnya berkaitan dengan dinamika kehidupan masyarakat dan kebudayaan di Indonesia.
    Berkaitan dengan tujuan-tujuan pendidikan yang dirumuskan demikian, Program Studi Antropologi Sosial FISIP Unair tidak mengabaikan kemungkinan menjadi wadah penampungan para peminat yang ingin berkonsentrasi pada bidang studi tertentu.

Apapun juga fokus konsentrasi pembelajarannya, sesuai dengan kebijakan pendidikan di FISIP Unair, para mahasiswa diharapkan dapat menguasai dan menerapkan ilmunya secara komprehensif, khususnya dalam kaitannya dengan cabang-cabang ilmu-ilmu sosial yang lain.

 

KURIKULUM

Download kurikulum Program Studi Antropologi (S1)

 

STAF PENGAJAR

  1. Nyoman Naya Sujana (MA)
  2. Tri Joko Sri Haryono (Drs., M.Si)
  3. Toetiek Koesbardiati (Dra., Ph.D.)
  4. Myrtati Dyah Artaria (Dra. MA., Ph.D)
  5. Mohammad Adib (Drs., M.Si)
  6. Pinky Saptandari (Dr., E.P., Dra. MA)
  7. Yusuf Ernawan (Drs., M.Hum)
  8. Sri Endah Kinasih (S.Sos., M.Si)
  9. Budi Setiawan (Drs., MA)
  10. Djoko Adi Prasetyo (Drs., M.Si)
  11. Nurcahyo Tri Arianto (Drs., M.Hum)
  12. Rustinsyah (Dr., Dra., M.Si)
  13. Retno Andriati (Dra., MA)
  14. Lucy Dyah Hendrawati (S.Sos., M.Kes)
  15. Pudjio Santoso (Drs., M.Sosio.)
  16. Bambang Budiono (M.S., Drs., M.Sosio.)
  17. Muaddib Aminan (Drs.)

 

KONTAK FAKULTAS :

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Kampus B Universitas Airlangga
  • Jl. Dharmawangsa Dalam,  Surabaya, Indonesia 60286
  • Telepon : (031) 5011744, 5012442, 5017429, 5034015.
  • Fax : (031) 5047754
  • http://antro.fisip.unair.ac.id/