S1 Pendidikan Dokter Hewan Wednesday, 06 January 2016 05:56

 

TENTANG PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN DOKTER HEWAN

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlngga secara resmi berdiri pada tanggal 1 Januari 1972 berdasarkan Surat Keputusan Menteri P & K nomor 055/01/1972, maka diresmikanlah Jurusan Kedokteran Hewan FKHP Universitas Brawijaya Malang menjadi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Pendidikan di Fakultas Kedokteran Hewan diarahkan untuk menghasilkan dokter hewan yang general professional qualification di lapangan yang menguasai bidang animal health, animal production, dan veteriner public health.

 

Fakultas Kedokteran Hewan merupakan fakultas ke enam dari sebelas fakultas di lingkungan Universitas Airlangga. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Fakultas Kedokteran Hewan Unair merupakan fakultas ke tiga dari lima Fakultas Kedokteran Hewan di Indonesia yaitu FKH IPB Bogor, FKH UGM Yogyakarta, FKH Unair Surabaya, FKH Universitas Syah Kuala Nangroe Aceh Darussalam, FKH Universitas Udayana Bali, FKH Universitas Nusa Tenggara Barat dan FKH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pada Tahun 2008 juga telah didirikan Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya Malang.

 

Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan salah satu bagian dari instrumen pengajaran yang merupakan penjabaran dari kebutuhan dan tuntutan masyarakat pada masa kini dan masa yang akan datang. Kebutuhan masyarakat setiap tahun akan terus dan senantiasa berkembang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman, sehingga Kurikulum Pendidikan Tinggi yang dipergunakan harus selalu dan perlu senantiasa disesuaikan dan diselaraskan dengan kebutuhan dan perkembangan yang ada. Kurikulum bukan merupakan suatu istrumen yan g tidak dapat diubah-ubah (final) melainkan suatu yang berkembang secara dinamis, perlu dikaji dan telaah berulang -ulang secara periodik minimal 5 (lima) tahun sekali agar sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat pengguna lulusan Pendidikan Tinggi . Kandungan materi yang diberikan dan besarnya beban sks yang terdapat didalam kurikulum yang berlaku harus disesuaikan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang akan dicapai oleh Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Disamping itu kurikulum d apat menjadi suatu faktor sangat erat yang dapat mempengaruhi proses pendidikan atau pembelajaran, lama studi dan IPK lulusan perguruan tinggi. Sedangkan lama studi dan IPK akan berpengaruh sangat erat dengan waktu tunggu untuk mendapat pekerjaan.

 

Kurikulum yang digunakan di Fakultas Kedokteran Hewan Unair mulai berdiri hingga sekarang telah 5 kali mengalami redesain kurikulum. Sejak berdiri tahun 1972 menggunakan kurikulum 1972, kurikulum 1984, kurikulum 1995, kurikulum 2000, kurikulum 2005 dan yang sekarang digunakan adalah hasil evaluasi kurikulum 2005 pada tanggal 26 April 2008. Perubahan dan evaluasi kurikulum dari periode ke periode dimaksudkan adanya perubahan muatan mata kuliah inti dan lokal, jumlah sks maupun lama mas

 

VISI

*(Informasi web sedang di update)

 

MISI

*(Informasi web sedang di update)

 

KURIKULUM

*(Informasi web sedang di update)

 

STAF PENGAJAR

*(Informasi web sedang di update)

 

KONTAK FAKULTAS

  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Kampus C Universitas Airlangga
  • Jl. Mulyorejo, Surabaya, Indonesia, 60115
  • Telp. (031) 5992785, (031) 5993016
  • Fax : (031) 5993015
  • http://s1.fkh.unair.ac.id/