S1 Ilmu Hukum Wednesday, 06 January 2016 04:42

 

TENTANG PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

Fakultas Hukum Universitas Airlangga merupakan salah satu fakultas hukum tertua di Indonesia. Pada mulanya, pada tahun 1952 merupakan cabang dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kemudian sejak tahun 1954, dengan berdirinya Universitas Airlangga yang diresmikan oleh Presiden RI Ir. Soekarno, maka ditetapkanlah Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Hukum sebagai tiga fakultas pertama dari Universitas Airlangga.

 

Beberapa Sarjana Hukum terkemuka di Indonesia, di antaranya Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo (Sekretaris Negara RI dalam Kabinet Presiden Soekarno) menjadi pendiri Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Dengan reputasi yang sangat baik dalam melaksanakan pendidikan tinggi hukum, maka sejak tahun 1970-an Fakultas Hukum Universitas Airlangga dipercaya oleh Departemen Pendidikan Nasional untuk menjadi pembina dalam rangka pengembangan fakultas hukum lain di wilayah Indonesia timur.

 

VISI DAN MISI

Fakultas Hukum Universitas Airlangga telah menetapkan visi untuk menjadi fakultas hukum terkemuka di kawasan Asia yang mandiri, inovatif, dan adaptif,pelopor pendidikan hukum yang menghasilkan lulusan berorientasi sebagai yuris profesional serta memiliki kompetensi dan moralitas tinggi.

 

Untuk mencapai visi tersebut, Fakultas Hukum Universitas Airlangga menyadari bahwa pendidikan hukum bukan hanya masalah akademis, tetapi harus mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dalam praktek hukum. Oleh karena itu, Fakultas Hukum Universitas Airlangga memiliki kurikulum pendidikan hukum yang mengkombinasikan antara teori dan praktikum untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif tentang teori dan praktik hukum.

 

Selain itu, Fakultas Hukum Universitas Airlangga telah merespon tantangan globalisasi dengan memyiapkan mahasiswa dalam menghadapi tatanan hukum baru. Fakultas Hukum Universitas Airlangga juga selalu berupaya melakukan pengembangan dan pembaharuan dalam pendidikan profesi hukum melalui berbagai pelatihan serta penelitian hukum yang dilakukan oleh para staf akademik.

 

Saat ini Fakultas Hukum Universitas Airlangga mengelola empat program studi, yaitu: Program Studi Ilmu Hukum (S1), Program Studi Magister Ilmu Hukum, Program Studi Magister Kenotariatan, dan Program Studi Doktor Ilmu Hukum. Sebagai upaya internasionalisasi, Program Studi Ilmu Hukum (S1) telah mendapatkan sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada 2015 dengan predikat better than adequate yang menunjukkan bahwa sistem penjaminan mutu penyelenggaraan akademik pada program studi telah dilaksanakan dengan baik dan memenuhi 15 kriteria AUN-QA.

 

TUJUAN

*(informasi sedang dalam proses update) 

 

KURIKULUM

Download Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum (S1) Klik disini

 

STAF PENGAJAR

*(informasi sedang dalam proses update)

 

KONTAK FAKULTAS

  • Fakultas Hukum
  • Kampus B Universitas Airlangga
  • Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya, Indonesia 60132
  • Telp. +62 31 5023151, 5023252
  • Fax : +62 31 5020454
  • http://s1.fh.unair.ac.id/