FORISMA FK UNAIR Raih Predikat Lembaga Ilmiah Terbaik dalam Temilnas 2018 Wednesday, 12 September 2018 01:27

forisma fk

DUTA dari FORISMA Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga seusai menerima piala dan Sertifikat sebagai Lembaga Ilmiah Terbaik dan Juara PMC, dalam Temilnas 2018, di Denpasar. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Forum Ilmiah dan Studi Mahasiswa (FORISMA) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) berhasil meraih penghargaan sebagai Lembaga Ilmiah Terbaik pada ajang Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) 2018 yang diselenggarakan di kampus FK Universitas Udayana, Denpasar – Bali. Selain itu, delegasi FK UNAIR juga berhasil mempersembahkan juara pada lomba Penelitian Multi Center (PMC), sebagai juara II.

Seperti diketahui, Temilnas merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional, Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (BAPIN-ISMKI), sebuah organisasi yang menaungi seluruh Lembaga Ilmiah Fakultas Kedokteran se-Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung sejak 30 Agustus hingga 2 September 2018 tersebut diikuti oleh setidaknya 27 lembaga ilmiah Fakultas Kedokteran se-Indonesia yang tergabung dalam BAPIN. Selama ini dalam BAPIN antara lain terdapat kegiatan kompetisi ilmiah, project sharecity tour, dan symposium.

”Sebelumnya kami sempat tidak menyangka bahwa FORISMA FK UNAIR bisa mendapatkan penghargaan ini. Melalui project yang coba kami kemas secara berbeda dengan lebih informatif, alhamdulillah FORISMA FK UNAIR bisa menjadi yang terbaik di tahun ini,” ujar Alfian Nurfaizi, mahasiswa FK UNAIR angkatan 2016 yang bertindak sebagai presenter project share FORISMA bersama Hana Aqilah Nur Imania.

”Kami berharap kedepannya nanti FORISMA dapat mempertahankan gelar ini dan terus berkembang untuk menjadi lebih baik di tingkat nasional maupun internasional,” tambah Alfian Nurfaizi.

forisma fk
PERWAKILAN FORISMA FK Universitas Airlangga dan duta FK lainnya seusai menerima piala dan sertifikat juara dalam Temilnas 2018, di Denpasar. (Foto: Istimewa)

Tahun ini, Temilnas 2018 mengangkat fokus pada ”Tropical Infection” dan “Travel Medicine”.Sedangkan pada delegasi FK UNAIR mengirimkan satu karya PMC, yaitu cabang lomba yang hanya diselenggarakan di arena Temilnas setahun sekali.

Satu karya PMC dan meraih juara itu berjudul ”Efektivitas Penyampaian Informasi Melalui Media Leaflet dan Kemasan Obat Berbasis Infografis sebagai Upaya Peningkatan Capaian dan Tingkat Kepatuhan Konsumsi Profilaksis Tuberkulosis pada Anak di Indonesia.”

Ditambahkan oleh Lelyana Sih Afgriyuspita, salah satu delegasi pada cabang lomba Penelitian Multi Center (PMC), Temilnas ini sangat berbeda dengan lomba-lomba lainnya. Kegiatan yang langsung berada dibawah naungan BAPIN-ISMKI ini mampu membangun jiwa keilmiahan dan menjadi wadah bagi lembaga ilmiah untuk bersama-sama berkembang menjadi lebih berkualitas.

Dalam kompetisi PMC tersebut, tim Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga meraih Juara II. Tim FK UNAIR ini digawangi oleh Alfian Nurfaizi, Lelyana Sih Afgriyuspita, Faiza Rahma Ebnudesita, Hana Aqilah Nur Imania, dan Ratna Devi Antari.

”Alhamdulillah kami juga sangat bersyukur dan bangga bisa mengharumkan nama baik FK UNAIR di Temilnas 2018. Tentu saja, ini tidak akan bisa tercapai tanpa adanya usaha yang sungguh-sungguh, kerjasama yang baik, serta doa tentunya. Semoga kedepannya bisa mempertahankan apapun yang sudah berhasil diraih,” tambah Faiza Rahma didampingi Ratna Devi. (*)

Sumber : http://news.unair.ac.id/2018/09/06/forisma-fk-unair-raih-predikat-lembaga-ilmiah-terbaik-dalam-temilnas-2018/

image_pdf  image_print

Tags : UNAIR, Universitas Airlangga, Berita dari UNAIR