UNAIR Juarai Kompetisi Pramuka Nasional di UNY Wednesday, 16 May 2018 07:09

-

SESI foto bersama tim Pramuka UNAIR setelah penerimaan trofi juara. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Berangkat dengan membawa tekad dan semangat yang tinggi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Airlangga berhasil membawa pulang gelar juara. Dalam kompetisi Racana Orienteering  Games (ROG) VI di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Kamis–Minggu, (3–6/5) tersebut, UKM Pramuka UNAIR berhasil menyabet dua kategori sekaligus.

“UKM Pramuka UNAIR berhasil meraih juara 1 pembuatan media pembelajaran SGT dan juara 2 fotografi,” ucap Ayu Lestari yang juga sebagai ketua UKM Pramuka UNAIR.

Dalam kompetisi itu, UKM Pramuka UNAIR mengirimkan tiga delegasi. Yakni, Mohamad Nur Setyo (S1 Psikologi UNAIR), Venti Dwy Damayanti (D3 Kesehatan Ternak), dan Meilani  Fajarwati (S1 Ilmu Sejarah).

Dalam lomba tingkat nasional tersebut, terang Ayu, setiap peserta diharuskan mengikuti seluruh cabang lomba. Cabang lomba dalam kompetisi itu meliputi membuat media pembelajaran Pramuka S/G/T (Siaga, Penggalang, Penegak); fotografi; video jurnalistik; dan orienteering.

Ayu mengungkapkan, media pembelajaran pramuka SGT yang dipersembahkan UNAIR ialah mengenai nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari kepada anak. Yang dalam lomba itu, media tersebut dikemas menggunakan cerita di sebuah panggung kecil.

“Kami membuat sebuah panggung kecil. Terus ada dua tokoh yang berdialog dan bercerita. Cerita atau dialog itu intinya mengajak untuk ikut aktif Pramuka lagi,” jelasnya.

Selain mengajak untuk aktif Pramuka, tim UNAIR menyisipkan nilai moral yang dapat diterima anak-anak. Nilai moral tersebut memberikan pembelajaran kepada anak untuk melakukan hal positif tanpa disuruh orang tua.

“Secara tidak langsung, yanda/bunda tidak menyuruh sang anak untuk melakukan sesuatu hal yang positif. Tetapi, sang anak menerima nilai yang diberikan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Dengan hasil yang diraih itu, tim UNAIR sangat bangga dan senang. Selain prestasi, mereka mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Tim juga dapat bertemu dengan peserta dari perwakilan Pramuka perguruan tinggi seluruh Indonesia.

“Harapannya, yang pasti semoga bisa lebih banyak lagi menyumbangkan prestasi untuk mendukung UNAIR menuju 500 dunia. Dan, untuk UKM Pramuka, ini (raihan juara, Red) semoga dapat memotivasi anggota yang lain untuk lebih aktif dan bersemangat menjadi delegasi untuk kompetisi lainnya. Baik di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya. (*)

Sumber : http://news.unair.ac.id/2018/05/15/unair-juarai-kompetisi-pramuka-nasional-di-uny/

image_pdf  image_print

Tags : UNAIR, Universitas Airlangga, Berita dari UNAIR, Kehidupan Kampus