S2 Ilmu Kedokteran Tropis Saturday, 09 January 2016 14:43

 

TENTANG PROGRAM STUDI S2 ILMU KEDOKTERAN TROPIS

Program Studi Ilmu Kedokteran Tropis (IKT) didirikan pada tahun 2001. Program Studi IKT mengantisipasi kebutuhan pemerintah (terutama bidang kesehatan) dalam pengembangan SDM berkompetens dalam penanganan penyakit tropis, serta kebutuhan institusi perguruan tinggi dalam pengembangan SDM dengan kompetensi penanganan penyakit tropis secara paripurna.

 

Pentingnya pengembangan ilmu penyakit tropis di pusat pendidikan, berkaitan dengan meningkatnya masalah penyakit tropis secara global. Dengan adanya program magister IKT ini, aktifitas pengembangan ilmu di pusat pendidikan juga ikut terpacu. Hal ini penting untuk mengembangkan ilmu kedokteran tropis, tidak hanya melakukan aktifitas intra-kampus, namun juga mengikutkan kegiatan ekstra kampus, terutama daerah kabupaten.

 

Perkembangan Prodi Ilmu Kedokteran Tropis selain fokus IPTEKS penanganan masalah medis klinis dalam wadah penyelenggaraan Minat Studi Kedokteran Tropis Klinis, juga IPTEKS penanganan masalah penyakit tropis di masyarakat dalam Minat Studi Epidemiologi Kedokteran Tropis.

 

Program Studi Ilmu Kedokteran Tropis Pascasarjana menawarkan program S-2 yang dapat ditempuh oleh mahasiswa selama 2 tahun akademik. Setiap tahun akademik terdiri dari 2 (dua)  semester. Prodi IKT FK UNAIR menyelenggarakan 2 Minat Studi yaitu Minat Studi Epidemiologi Kedokteran Tropis dan Minat Studi Kedokteran Tropis Klinis sejak tahun akademik 2011/2012.

VISI

 Menjadi Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis yang mandiri, inovatif, beretika, unggul di tingkat nasional dan Internasional dalam Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakatpada tahun 2030.

 

MISI

  1.   Menyelenggarakan pendidikan Kedokteran Tropis yang berkualitas unggul dan bersaing secaranasional dan Internasional
  2. Menyelenggarakan penelitian Kedokteran Tropis untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan berperan dalam pengendalian penyakit tropis.

 

TUJUAN

Menghasilkan lulusan yang mampu :

  1. Mengikuti serta mengembangkan ilmu Kedokteran Tropis sesuai kemajuan ilmu pengetahuandan teknologi serta seni (IPTEKS) yang pesat di era globalisasi.
  2. Merancang, melaksanakan dan mengembangkan aktivitas riset untuk memecahkan atau menangani permasalahan penyakit tropis, khususnya di Indonesia yang merupakan negara tropis dengan karakter spesifik lingkungan ekosistem, sosial budaya dan ekonomi.
  3.      Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan IPTEKS; pengembangan pelayanan bidang kedokteran tropis yang tepat guna; serta merancang dan melaksanakan pengembangan program pengendalian penyakit tropis.

 

KURIKULUM

*(informasi sedang dalam proses update)

 

STAF PENGAJAR

*(informasi web sedang dalam proses update)

 

KONTAK FAKULTAS

  • Fakultas Kedokteran
  • Kampus A Universitas Airlangga
  • Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya 60132
  • Telp. (031) 5020251, 5030252-3 pes. 124,
  • Fax : (031) 5022472