S1 Pendidikan Dokter Gigi Thursday, 07 January 2016 08:54

 

TENTANG PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN DOKTER GIGI

*(Informasi web sedang dalam proses update)

 

VISI

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga menjadi institusi terkemuka di bidang riset, ilmu pengetahuan, dan teknologi kedokteran gigi yang dapat memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat di kawasan nasional, regional, dan internasional berdasarkan etika dan moral agama.

 

MISI

Fakultas kedokteran gigi Universitas Airlangga melaksanakan misi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis kompetensi bidang kedokteran dasar, kedokteran gigi dasar, kedokteran klinik, dan kedokteran gigi klinik yang berorientasi pada manusia seutuhnya, keselamatan pasien, dan kemajuan IPTEKDOKGI.
  2. Menghasilkan penelitian dasar dan terapan bidang kedokteran gigi untuk kepentingan masyarakat luas dalam mendukung pembangunan di tingkat nasional dan internasional.
  3. Mendharmabaktikan hasil perkembangan IPTEKDOKGI berlandaskan etika dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan mulut dan gigi masyarakat.

 

TUJUAN

Pendidikan dokter gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga diselenggarakan melalui tahapan pendidikan akademik dan profesi. Tujuan secara umum adalah mengikuti ketetapan Konsil Kedokteran Indonesia tahun 2006 perihal Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia, yaitu untuk memberikan batas kemampuan yang harus dimiliki oleh dokter gigi yang melaksanakan pelayanan kedokteran gigi di Indonesia. Kemampuan tersebut sudah dapat menggambarkan mutu dokter gigi di Indonesiadimanapun dokter gigi tersebut akan melaksanakan praktik. Melalui gambaran mutu ini, masyarakat Indonesia diharapkan akan mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang prima dengan mutu yang hampir sama. Proses pendidikan mahasiswa akan dijalankan melalui proses belajar yang efektif dan efisien, berpanduan pada Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan metode student-centered learning untuk menghasilkan dokter gigi yang dapat berpikir kritis dan mandiri serta bermoral Pancasila dan mentaati Undang-Undang Dasar tahun 1945. Selanjutnya hasil luaran pendidikan dokter gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga diharapkan akan memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mampu untuk:

a. Melakukan tugas profesi Kedokteran Gigi dalam Tatanan Sistem Kesehatan Nasional, dengan berpanduan pada rasa kemanusiaan dan etika Kedokteran Gigi, yang mencakup:

  1. Menggunakan pemahaman Ilmu Dasar Kedokteran dan Kedokteran Gigi sebagai landasan dalam melakukan pemerikasaan, diagnosis, perencanaan terapi, pencegahan dan pemulihan maupun rehabilitasi kesehatan gigi dan mulut;
  2. Mengelola secara menyeluruh masalah kesehatan gigi dan mulut melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dengan penekanan pada pemeliharaan dan pemulihan fungsi optimal sistem stomatognatik perorangan maupun masyarakat;
  3. Mengelola secara profesional dengan memperhatikan sistem rujukan, berdasarkan keyakinan bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan;
  4. Bekerja sama secara tepat guna dan daya guna dalam satu tim, baik tim kesehatan gigi dan mulut maupun tim pelayanan/asuhan kesehatan yang lain, untuk melaksanakan pelayanan, khususnya pelayanan kesehatan gigi dan mulut, guna mengembalikan fungsi sistem stomatognatik dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.
  5. Menguasai dan memahami prinsip komunikasi dan manajemen pelayanan kesehatan gigi dan mulut, serta memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatan gigi dan mulut masyarakat secara mandiri.

b. Belajar sepanjang hayat dan mengembangkan diri sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tepat guna melalui penambahan ilmu Continuing Professional Development (CPD), Penelitian dan publikasi ilmiah;

c. Peka terhadap perubahan, perkembangan kebutuhan dan permasalahan di masyarakat serta lingkungannya demi peningkatan serta kelancaran dalam pelayanan kesehatan;

d.  Senantiasa mengembangkan entrepreneurship diri dalam upaya peningkatan pelayanan/asuhan kesehatan gigi dan mulut secara individu, keluarga, serta masyarakat.

 

KURIKULUM

*(Informasi web sedang dalam proses update)

 

STAF PENGAJAR

*(Informasi web sedang dalam proses update)

 

KONTAK FAKULTAS

  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Kampus A Universitas Airlangga
  • Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya, Indonesia 60132
  • Telp. Telp. (031 )5030255, 5020256
  • Fax :