Rektor Dorong Sivitas Akademika Hidupkan Budaya Akademik Thursday, 15 June 2017 03:17

budaya akademik

Jajaran pimpinan dalam rapat kerja, Rabu (14/6). (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Menghidupkan budaya akademik menjadi salah satu hal terpenting untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Hal inilah yang terus didorong oleh pemangku kebijakan Universitas Airlangga.

Ketua Senat Akademik UNAIR Prof. Dr. Muhammad Amin dalam rapat kerja pimpinan yang dilaksanakan Rabu (14/6), menyatakan bahwa salah satu ciri dari hidupnya budaya akademik adalah peningkatan riset.

“Saya ambil contoh perpustakaan di universitas-universitas Eropa itu umumnya sangat besar dan ini menjadi salah satu penunjang budaya baca dan riset. Kalau kita ingin mengarah ke sana maka budaya akademik harus dipelihara dengan baik,” terang Amin.

Menanggapi pernyataan Amin, Rektor UNAIR Prof. Dr. Mochammad Nasih, menyatakan budaya akademik memang terus digulirkan dari kalangan pimpinan hingga mahasiswa. Ia mengimbau agar seluruh pihak bersinergi dalam menumbuhkan budaya akademik.

Bagi Nasih, persamaan cara pandang dan tujuan harus menjadi pilar utama untuk menjadikan UNAIR sebagai perguruan tinggi berkelas dunia.

“Dengan rapat ini saya berharap kita bisa satu tujuan. Satu pandangan dan satu misi bersama untuk menjadi world class university,” tegasnya.

Rektor mengatakan, menumbuhkan budaya akademik bisa diwujudkan dalam publikasi hasil penelitian. Dampaknya, selain peneliti turut mewarnai perkembangan ilmu pengetahuan, tingginya publikasi penelitian bisa meningkatkan posisi pemeringkatan UNAIR.

“Karya ilmiah yang kita hasilkan dan kita publikasikan ini bisa menjadi amal jariah. Kenapa bisa demikian? Saat karya kita dibaca orang dan diwujudkan dalam sebuah kebaikan ini kan bisa jadi amal kita semua,” paparnya. “Makanya kalau punya hasil riset harus dibagikan dan dimanfaatkan,” tegasnya.

Di akhir, Nasih kembali menegaskan bahwa upaya riset yang dilakukan oleh semua sivitas akademika bisa memiliki dampak global.

“Banyak karya kita sebenarnya yang layak untuk dibaca masyarakat internasional dan mempengaruhi pemikiran masyarakat dunia. Itu harus ditingkatkan,” pungkasnya.

Sumber : http://news.unair.ac.id/2017/06/14/rektor-dorong-sivitas-akademika-hidupkan-budaya-akademik/

image_pdf  image_print