D3 Manajemen Perbankan Thursday, 07 January 2016 06:57

TENTANG PROGRAM STUDI D3 MANAJEMEN PERBANKAN

Sejarah pembentukan Program Studi D3 Manajemen Perbankan tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga karena pada awalnya Program Studi D3 Manajemen Perbankan merupakan salah satu program studi yang berada di bawah naungan FEB Universitas Airlangga. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga dibentuk secara formal dengan menggunakan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 31/1961 yang ditetapkan pada tanggal 8 Agustus 1961 di Jakarta.
Pada tahun 1975, FEB Universitas Airlangga mendirikan Program Studi Strata Diploma III (D-III) berdasarkan SK Mendikbud No. 042/U/1975 tanggal 18 Maret 1975. Program studi Diploma III yang dibentuk pada mulanya adalah jurusan Akuntansi, dan pada tahun akademik 1984/1985 ditambah dengan jurusan Perpajakan dan Manajemen Pemasaran. Perkembangan lebih lanjut di jurusan D-III Manajemen Pemasaran adalah pembukaan jurusan Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran, jurusan Manajemen Perhotelan dan jurusan Manajemen Perbankan. Jadi, jurusan D-III Manajemen Perbankan merupakan sub unit dari jurusan D-III Manajemen Pemasaran. Secara organisatoris, jurusan D-III Manajemen Pemasaran ini berada di bawah koordinasi jurusan S1 Manajemen.
Sejak diberlakukannya otonomi kampus melalui perubahan status Universitas Airlangga menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN), terjadi perubahan mendasar pada struktur organisasi akademis di Universitas Airlangga. Rektor diberikan kewenangan untuk membuka program studi baru, dan struktur jurusan berubah menjadi Departemen. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga No. 9935/J03/HK/2007 tentang Jenis dan Nama Departemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga maka terdapat 4 Departemen di lingkungan FEB Universitas Airlangga, yaitu Departemen Ilmu Ekonomi, Departemen Manajemen, Departemen Akuntansi dan Departemen Ekonomi Syari’ah. Masing-masing departemen membawahi beberapa program studi termasuk program studi D-III
Pada tahun 2008, terjadi perubahan struktur di Program Studi D-III Manajemen Pemasaran. Jurusan D-III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran, jurusan Manajemen Perhotelan dan jurusan Manajemen Perbankan dipisah dari Program Studi D-III Manajemen Pemasaran. Berdasarkan SK Rektor Universitas Airlangga No. 4311/J03/OT/2008 yang ditetapkan pada tanggal 10 Maret 2008, Program Studi D-III Manajemen Perbankan secara resmi berdiri sendiri terpisah dari Program Studi D-III Manajemen Perbankan. Jadi, sejak tahun 2008 Departemen Manajemen memiliki 7 program studi termasuk didalamnya adalah Program Studi D-III Manajemen Perbankan.
Berdasarkan peraturan dari DIKTI bahwa program studi diploma harus dikelola secara terpisah, maka pada tahun 2014, pengelolaan program studi Diploma-III Manajemen Perbankan secara organisasi dilepaskan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dan berada di bawah naungan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, hal ini dikarenakan adanya perubahan pengelolaan bahwa semua program studi diploma di lingkungan Universitas Airlangga, pengelolaannya dijadikan satu dengan membentuk Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

 

VISI

Menjadi program studi yang terkemuka dalam penyediaan tenaga operasional perbankan/lembaga keuangan non bank yang profesional serta menjadi pusat pendidikan & pelatihan bagi karyawan bank dan lembaga keuangan non bank di Indonesia.

 

MISI

Misi Program Pendidikan D-III Manajemen Perbankan adalah:

  1. Mendidik para tenaga operasional bank melalui proses pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan harapan dan perkembangan industri perbankan dan lembaga keuangan non bank di Indonesia.
  2. Melakukan penelitian utamanya dibidang keuangan dan perbankan
  3. Melakukan pengabdian masyarakat sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi

 

TUJUAN

Lulusan dari Program Studi Manajemen Perbankan diharapkan memiliki kompetensi utama:

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan bidang pelayanan nasabah dan pemasaran bank dan lembaga keuangan non bank, memilih metode yang sesuai dengan menganalisis data operasional perbankan dan lembaga keuangan non bank, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang operasional dan supporting unit di perbankan dan lembaga keuangan non bank, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah operasional perbankan.
  3. Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

 

KURIKULUM

Download kurikulum program studi d3 manajemen perbankan Klik disini

 

STAF PENGAJAR

*(Informasi web sedang dalam proses update)

 

KONTAK FAKULTAS

  • Fakultas Vokasi
  • Kampus B Universitas Airlangga
  • Jl. Srikana 65 Surabaya, 60286
  • Telp. (031) 5033869, 5053156, 
  • Fax : (031) 5053156