Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Tahun 2017 Tuesday, 25 April 2017 10:56

Dengan ini diumumkan kepada Calon Mahasiswa Baru Program Sarjana (S-1) Universitas Airlangga yang diterima berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2017, selanjutnya disebut Calon Maba SNMPTN UNAIR, bahwa setiap Calon Mahasiswa Baru wajib mengikuti proses pendaftaran ulang yang diatur sebagai berikut :

I. PRA PENDAFTARAN ULANG

  1. Calon Maba SNMPTN UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi serta Verifikasi Administrasi (secara online) serta melakukan upload file scan  dalam bentuk file PDF:
    1. Ijazah/surat keterangan lulus,
    2. SKHUN / SKHUN Sementara
    3. Akte Kelahiran Calon mahasiswa baru
    4. Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan :
      1. Pekerjaan Orang tua/wali (Bagi calon mahasiswa baru yang orang tua/walinya bekerja pada sektor informal atau tidak bekerja)
      2. Jumlah kepemilikan rumah orang tua/wali
      3. Jumlah kepemilikan kendaraan roda 2(dua) dan roda 4 (empat) orang tua/wali
    5.  Foto copy KSK (Kartu Susunan Keluarga) orang tua/ wali Calon mahasiswa baru

    6. Foto copy  SPPT PBB  rumah orang tua/wali calon mahasiswa baru pada tahun terakhir

    7. Foto copy pembayaran rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir rumah orang tua/wali

    8.  Foto copy STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yan dimiliki orang tua/wali

    9. Fotocopy keterangan penghasilan brutto, pekerjaan dan jabatan orang tua/wali dari instansi atau tempat bekerjanya

    10. Fotocopy Akta Pendirian dan SIUP bagi orang tua/wali calon mahasiswa baru yang berprofesi pengusaha/wiraswasta

    11. Foto rumah tampak depan orang tua/wali calon mahasiswa baru yang kelihatan identitas nomor/bloknya

      melalui  website http://regmaba.unair.ac.id, mulai tanggal   27 April s.d. 04 Mei 2017
  2.  Penentuan tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) didasarkan atas entry data calon mahasiswa 
  3. Calon Maba SNMPTN UNAIR akan mendapatkan informasi  perihal besaran tarif UKT setelah batas waktu entry data tanggal 7 Mei 2017  melalui website http://regmaba.unair.ac.id

  4. Calon mahasiswa mencetak Formulir Data Registrasi, Formulir Surat Pernyataan Bersedia Memenuhi dan mentaati ketentuan dan peraturan serta keputusan yang berlaku di Universitas Airlangga dan Formulir Surat Pernyataan Bebas NAPZA.

 

II. PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT)

Satuan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) program Sarjana (S1) bagi mahasiswa Universitas Airlangga yang diterima melalui SNMPTN TAHUN 2017 bisa dilihat di http://www.ppmb.unair.ac.id/web/site/SNMPTN

Calon Mahasiswa Baru  wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), sesuai dengan hasil verifikasi keuangan pada tanggal 08 – 10 Mei 2017 

Pembayaran dapat dilakukan di teller semua kantor cabang Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN,Mandiri Syariah dan Bank JATIM seluruh Indonesia , dengan  menyebutkan  Nomor Peserta SNMPTN 2017. Pembayaran tidak dapat dilakukan melalui transfer. Khusus mahasiswa program S1 Ekonomi Islam diwajibkan membayar lewat Bank Syariah yang tersedia

 

 III. TES KETUNAAN DAN TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (ELPT)

  1. Calon Maba UNAIR harus melakukan tes ketunaan di Rumah sakit Universitas Airlangga pada tanggal 9 – 10, 12  dan 15 Mei 2017
  2. Calon Maba Unair harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) UNAIR pada  tanggal 10 , 12 - 15 dan  17- 18 Mei 2017

Jadwal tes ketunaan dan tes kemampuan bahasa Inggris akan diberikan setelah melakukan pembayaran UKT dan bisa dilihat pada website http://regmaba.unair.ac.id .

 

IV. PENDAFTARAN ULANG

  1. Calon Maba SNMPTN UNAIR harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
  2. Calon Maba SNMPTN UNAIR harus berpakaian rapi (berkemeja dan bersepatu) serta menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
  3. Pendaftaran Ulang dilaksanakan pada :
    • Tanggal                  : 16 Mei  2017
    • Pukul                      : 08.00 WIB (Tepat) -12.00 WIB
    • Tempat                 : Gd. Airlangga Conventian Center (ACC) Kampus C Universitas Airlangga Jl. Mulyorejo, Surabaya
    • Kelengkapan Berkas  : Membawa kartu peserta SNMPTN 2017 dan Ijazah SMA/SMK/Surat Keterangan lulus dari sekolah

      Apabila tidak hadir pada Jam 08.00 WIB atau terlambat dengan alasan apapun (diindikasikan mengikuti tes SBMPTN), maka dianggap mengundurkan diri sebagai calon Maba SNMPTN UNAIR.
  4. Calon Maba SNMPTN UNAIR wajib melaksanakan verifikasi berkas sesuai dengan jadwal pada :
    • Tanggal  : 17-19 Mei 2017
    • Pukul : 08.30 – 16.00 WIB (Jam 12.00-13.00 WIB Istirahat)
    • Tempat   : Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya
  5. Disediakan   LOKET  A, B, C, D, E,  F  dan G  yang   harus diikuti  oleh Calon Mahasiswa secara  berurutan, sbb. :
    1. LOKET  (  A  )
      1. Menunjukan dan Menyerahkan Tanda Peserta Ujian
      2. Menunjukkan Ijazah SMU/ SMK/Surat Keterangan Lulus dari Sekolah
      3. Menyerahkan   kembali    formulir     Registrasi   beserta     kelengkapannya  yang telah diisi dengan  benar dan dilengkapi :
        1. Foto Copy Ijazah SMU/SMK/Surat Ket. Lulus yang dilegalisir ( 2 lembar )
        2. Foto Copy SKHUN yang dilegalisir ( 2 lembar )
        3. Foto Copy Akte kelahiran / Surat Kenal Lahir ( 2 lembar )
        4. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah ukuran 3x4 ( 2 lembar )
      4. Menunjukkan bukti asli  dan menyerahkan copy bukti pembayaran  biaya pendidikan. ( 2 lembar )
      5. Menyerahkan Surat Pernyataan Bersedia Memenuhi dan mentaati ketentuan dan peraturan serta keputusan yang berlaku di Universitas Airlangga yang ditandantangani di atas materai Rp. 6.000
      6. Menyerahkan Surat Pernyataan Bebas NAPZA yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,-
      7. Menyerahkan hasil tes ketunaan dari Rumah Sakit Universitas Airlangga
    2. LOKET ( B )
      • Verifikasi  Sidik Jari
    3. LOKET ( C )
      • Pengukuran  Jaket Almamater dan Mutz 
    4. LOKET ( D )
      • Pengambilan Pas Foto untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
    5. LOKET ( E )
      • Melakukan Pembukaan Rekening Bank, Untuk Pembuatan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi juga sebagai ATM maka Mahasiswa baru diwajibkan untuk membuka rekening di salah satu Bank tersebut di atas pada Cabang Universitas Airlangga sesuai dengan Bank pada saat Pembayaran Biaya Pendidikan Pertama (Semester Gasal Tahun Akademik 2017/2018)
    6.  LOKET ( F )
      • Menyerahkan foto copy kartu BPJS Bagi calon Maba yang sudah memiliki kartu BPJS, dan melakukan pendaftaran BPJS bagi calon maba yang belum mempunyai kartu BPJS
    7. LOKET ( G ) 
      • Penyerahan Bukti Pendaftaran Ulang

 

V. PENGAMBILAN KTM (KARTU TANDA MAHASISWA)

Pengambilan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi sebagai ATM dilakukan di bank masing masing pada Cabang Universitas Airlangga sesuai dengan Bank pada saat  Pembukaan Rekening mulai tanggal  21 Juni 2017

VI. CALON MAHASISWA PENERIMA BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN  BIDIKMISI 2017

Calon Maba SNMPTN UNAIR 2017 yang akan menerima Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2017, diwajibkan hadir  pada :

Hari/Tanggal Rabu dan Kamis, 17 – 18 Mei 2017  (daftar nama dan jadwal silahkan di unduh di website http://www.kemahasiswaan.unair.ac.id )
Pukul 08.00 WIB – Selesai
Tempat Ruang Garuda Mukti Lt. 5 Kantor Manajemen Kampus C UNAIR, Mulyorejo Surabaya
Acara Penjelasan Penerimaan bantuan biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun   2017 dan verifikasi berkas Bidikmisi
Pakaian Bebas rapi ( berkemeja dan bersepatu )
Kelengkapan Berkas a.  Kartu peserta SNMPTN tahun 2017,  Kartu peserta Bidikmisi tahun 2017 dan formulir pendaftaran Bidikmisi 
b.  Kelengkapan pengisian berkas persyaratan Bidikmisi mulai dari form 1 s/d form 9,  silakan di diunduh pada laman website http://www.kemahasiswaan.unair.ac.id
c. Calon Maba Penerima Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi tahun 2017  diwajibkan datang sendiri beserta 1 (satu) orang tua/wali.

 

Informasi lengkap tentang  proses pendaftaran ulang mahasiswa baru dapat  diakses melalui internet di website Unair, http://www.unair.ac.id,  atau  No. Telp. (031) 5914042 - 43, 5912546, 5912564 Pesawat. 221, 211, 115 dan 116

Ketentuan tersebut di atas mengikat bagi setiap Calon Mahasiswa Baru UNAIR Tahun Akademik 2017/2018, apabila Calon Mahasiswa Baru  tidak dapat memenuhi, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UNAIR.

Surabaya, 26  April  2017

                                                              a.n. Rektor,

                                                              Wakil Rektor I,

                                                                               Prof. Djoko Santoso,dr.,SpPD-KGH,Ph.D.,FINASIM

                                                                   NIP. 19610426 198611 1 001

UNDUH PENGUMUMAN