D3 Akuntansi Thursday, 07 January 2016 06:26

 

 TENTANG PROGRAM STUDI D3 AKUNTANSI

Berdasarkan keputusan direktur jenderal pendidikan P & K No. 21/ Sat/Kep/1972 tentang penyelesaian (phasing out) dari akademi-akademi A.A.N.N, A.T.N., A.B.A., dan A.P.P.S. dan hasil perumusan satuan tugas khusus/ rapat dinas antar Dekan Fakultas Ekonomi seluruh Indonesia dengan Dirjen Pendidikan P & K maka tahun kuliah 1974 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga telah menyelenggarakan kuliah-kuliah, ujian-ujian dan penyelesaian skripsi-skripsi untuk A.A.N.N (Akademi Administrasi Niaga Negeri) bertempat di Fakultas Ekonomi (di waktu sore).

 

Pada tanggal 18 Maret 1975, dikeluarkanlah SK Menteri P & K No. 042/ U/ 1975, yang ditandatangani Sjarif Thayeb tentang Pembentukan dan Pengembangan Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) Pada Universitas Negeri/ Institut Negeri sebagai tindak lanjut daripada pelaksanaan phasing-out Akademi Administrasi Niaga Negeri. PAAP bertujuan untuk menghasilkan lulusan tenaga semi profesional yang mempunyai keahlian dan dapat menerapkan keterampilan sesuai bidang masing-masing.

 

Dalam rangka membantu program pemerintah untuk pendidikan tenaga terampil tingkat tinggi dalam bentuk Pendidikan Ahli Teknik dan Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) sesuai SK tersebut diatas maka untuk yang pertama kalinya di Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga melaksanakan PAAP, dan perkuliahan pertama kalinya dilaksanakan tanggal 21 Juli 1975. Program PAAP yang diselenggarakan pada awal berdirinya ialah jurusan Akuntansi.

 

VISI

“Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan ahli/profesional madya akuntansi terkemuka di Indonesia yang mampu menghasilkan lulusan yang inovatif dan unggul serta mampu berkompetisi dan berkarya secara profesional dalam pembangunan ekonomi, bisnis dan profesi akuntansi dengan mengedepankan moral, etika, dan agama”

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran profesional di bidang ilmu ekonomi, sub bidang akuntansi, khususnya akuntansi keuangan, perpajakan, auditing, dan sistem akuntansi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu dan pengetahuan akuntansi profesional.
  3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang penerapan dan pengembangan teori dan praktik akuntansi.

 

TUJUAN

Menghasilkan sumberdaya manusia yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai tenaga ahli madya yang kompeten, profesional, bermoral agama yang mampu bekerja di bidang akuntansi dengan penuh integritas.

 

KURIKULUM

Download Kurikulum Program Studi D3 Akuntansi Klik disini

 

STAF PENGAJAR

*(Informasi web sedang dalam proses update)

 

KONTAK FAKULTAS

  • Fakultas Psikologi
  • Kampus B Universitas Airlangga
  • Jl. Airlangga 4-6 Surabaya,  60286
  • Telp. (031) 5032770,-5014460
  • Fax : (031) 5025910