Profil Mahasiswa

  



FST Unair Raih 4 Medali di ON-MIPA 2012

Fakultas Sains dan Teknologi

Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga  berhasil menyumbangkan medali pada Seleksi Tingkat Nasional Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA). Olimpiade tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui satuan kerja Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada 12-16 Mei 2012, di Hotel Sahid, Surabaya.

Delegasi dari FST Unair antara lain Ridzky Anis Advent Y. meraih medali emas bidang biologi dengan nilai tertinggi, Diah A. Ivonny meraih medali perak  bidang biologi, Widi Eko Zanuar meraih medali perak di bidang matematika dan Cicik Setyo B. Utami meraih medali perak di bidang Biologi.

“Kami senang karena mendapat medali, selain itu kami juga bisa menambah teman dari perguruan tinggi lain, sekaligus berlibur,” ungkap Ridzky Anis yang juga menjabat Ketua BEM FST.  Ia telah beberapa kali mengikuti ONMIPA sejak tahun 2010 sampai 2012. Ia mengaku selalu mendapatkan juara pada setiap kompetisi tersebut, yakni Juara III Olimpiade Sains Nasional (OSN) PT Pertamina tahun 2010, medali emas pada ON-MIPA 2011.

“Saya sangat bersyukur, di tengah ujian dalam membagi proporsi waktu untuk BEM dan ON MIPA, ternyata saya mendapatkan medali emas. Padahal saya merasa, hanya mampu menyelesaikan 60% saja”, tambah Ridzky.

Tiga bulan sebelum pelaksanaan ON-MIPA 2012, pihak Fakultas memberikan pembinaan kepada para mahasiswa mengikuti agenda itu. Pembinaan diisi dengan pemantaban materi sekaligus review soal sesuai bidang. Jadwal pembinaan dilakukan dua kali pertemuan dalam satu minggunya.

Sebelum lolos ke tingkat nasional mereka berjuang untuk lolos ON-MIPA tingkat regional yang dilaksanakan di Pujon, Malang, tanggal 11-12 April 2012. Saat itu UNAIR mengikuti 4 bidang yang dilombakan yaitu biologi, fisika, kimia dan matematika. Tiap bidang diikuti sebanyak tujuh mahasiswa Unair. Masing-masing perguruan tinggi  hanya mendapat jatah tujuh mahasiswa per bidang yang dilombakan.

ON-MIPA sendiri melombakan empat bidang, yaitu Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia. Tiap bidang memperebutkan 4  emas, 6  perak, 10 perunggu dan 5 penghargaan Honorable Mention. Tahun ini lebih dari 190 mahasiswa dari 46 perguruan tinggi se-Indonesia mengikuti Seleksi Tingkat Nasional. Total ada lebih dari 3000 mahasiswa yang mengikuti rangkaian seleksi ON-MIPA 2012 mulai dari fase pertama tingkat lokal perguruan tinggi, tingkat  regional dan tingkat nasional. Kuz9/Ind

Rabu, 23-Apr-2014              


Agenda

    Profil Elvira Devinamira Wirayanti

    • KANTOR MANAJEMEN  – WARTA UNAIR

      Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2014 di Plenary Hall Jakarta Convention Center agaknya merupakan malam saat mimpi Elvira Devinamira Wirayanti menjadi nyata. Bagaimana tidak? Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Airla