Bagi Waktu, Hati dan Pikiran

Rektorat, 16-05-2008

Yusnita Larashati, SS

Auditorium, Kampus C. Ditanya tentang hal apa yang harus segera dibenahi oleh almamater tercinta, wisudawan terbaik Unair kali ini, Yusnita Larashati, langsung menunjuk perpustakaan kampus. Menurutnya, baik buku yang tersimpan di ruang baca Fakultas maupun koleksi perpustakaan pusat, secara ekstrim, sudah pantas disebut sebagai “naskah kuno”.

“Tak hanya buku bacaan biasa. Beberapa buku yang memuat teori, juga banyak yang kurang up to date,” ujar Indonesia Sampoerna Best Student 2006 ini. Maklum saja, wisudawan terbaik Unair ini adalah Duta Bahasa Jawa Timur, sehingga ia menaruh perhatian lebih pada urusan kebahasaan.

Dalam kapasitasnya sebagai Duta Bahasa, Laras dilibatkan pada pembahasan RUU Kebahasaan oleh Pusat Bahasa Nasional. “Saat itu kita ikut membahas penggunaan perbahasaan di ruang publik. Sementara ini, kita merasa asing di ruang publik sendiri. Di sana kita berusaha menjadikan bahasa Indonesia jadi nomor satu, bahasa daerah nomor dua, dan bahasa asing jadi nomor tiga. Selain itu, ada juga upaya melestarikan bahasa ibu,” terang Laras seraya berkisah.

Kembali pada saran dan masukannya untuk Unair, Laras menginginkan adanya profesionalitas yang dipupuk untuk pelayanan terhadap mahasiswa. Menurut peraih IPK 3,67 pada prodi Sastra Indonesia Unair ini, pelayanan terhadap mahasiswa dirasa kurang. “Selain kurang ramah, kita ingin pelayanan yang cepat. Profesional itu harus sesuai dengan janji. Selain itu, harus ada transparansi nilai pada mahasiswa. Seluruh penilaian yang dikeluarkan dalam KHS, sebaiknya diumumkan secara terbuka,” kritik Laras.

Dalam pandangannya, Unair BHMN harus mampu menunjukkan posisi Unair yang lebih baik dari sebelumnya. “BHMN jangan sampai diplesetkan. Saya mendukung adanya transparansi. Dengan profesionalisme SDM Unair, maka kualitas mahasiswanya akan dapat ditonjolkan,” papar mantan Ketua BLM Fakultas Sastra ini.

Jika kampus sudah berbenah, lalu apa yang seharusnya dilakukan mahasiswa ? Menurut Laras, seperti idealnya sosok mahasiswa, selain sukses dalam studi, maka kita juga harus berani aktif dalam kegiatan ekstra. “Memang itu ada konsekwensinya. Saat kuliah dulu, saya sempat ditentang oleh orang tua, karena pulangnya jadi larut malam. Tapi selagi masih menjadi mahasiswa, kita butuh itu,” ujar gadis yang setiap harinya terbiasa melakukan perjalanan pulang pergi Surabaya-Gresik ini.

Dengan pengalaman organisasi, maka keberhasilan studi akan terasa lebih lengkap. Untuk itu, Laras menyarankan agar kita dapat pandai membagi waktu, hati, dan pikiran. “Selain itu, doa orang tua tetap kita perlukan,” tandas mantan Kahima Sastra Indonesia yang satu ini.

Pada akhirnya, alumnus Unair yang hobi membaca ini berharap, Unair BHMN benar-benar mampu membawa perubahan yang berujung pada peningkatan kualitas. Tidak identik dengan biaya mahal, dan mampu bersikap profesional.

warta.unair.ac.id

by. warta online universitas airlangga


Jejakku Turut Promosikan Wisata Indonesia

Rektorat, 22-12-2015

Ahimsa Afrizal

Geliat dunia pariwisata Indonesia kian tampak. Hal ini bisa kita

Semangat Berprestasi Meski Tak Lagi Muda

Rektorat, 22-12-2015

Wiwiek Dianawati

Bagi Dr. Wiwiek Dianawati, M.Si., Ak., CMA., ia tidak menduga

Disiplin Kiat Sukses Raih IPK Sempurna

Rektorat, 10-12-2015

Elfian Zulkarnain

Sebagai seorang dosen yang mendapat tugas belajar dengan dukungan beasiswa

Terkesan Saat Ikut Main Ludruk

Rektorat, 10-12-2015

I Gusti Ngurah Widya Hadi Saputra

Berangkat dari kegelisahannya tentang kondisi jumlah lapangan kerja yang tidak

Pencapaian Tersendiri

Rektorat, 10-12-2015

Leny Juniarta

Bagi Leny Juniarta, seorang dokter gigi yang bertugas di Puskesmas

Aktif Organisasi Tuai Prestasi

Rektorat, 10-12-2015

Surono Dwi Saputra

Sebagai penerima beasiswa Bidikmisi, Surono Dwi Saputra mengaku sangat mensyukuri

Meneliti Kadar Racun pada Ikan

Rektorat, 10-12-2015

Fitroh Dwi Apriliawan Hariyoto

Fitroh Dwi Apriliawan Hariyoto, menjadi wisudawan terbaik program S2 Fakultas

Jadi yang Terbaik Setelah Berkali-kali Gagal

Rektorat, 10-12-2015

Fauzia Azzahra

Beberapa obat seperti peptida dan protein tidak dapat diberikan secara

Hadiah Terbaik untuk Orang Tua

Rektorat, 10-12-2015

Anita Pratiwi

Dalam pengambilan keputusan terkait penentuan jumlah tenaga kerja, penggunaan mesin,

Meneliti Sistem Surveilans Pes di Pasuruan

Rektorat, 08-12-2015

Siti Malikhatin

Wisudawan terbaik jenjang S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat ini tak kalah

1 2 3 4 ... 130 Next >>