Tenis Beregu Unair Juara Nasional

Rektorat, 21-12-2010

Kejuaraan Nasional Tenis Antar PTN-PTS 2010

Prestasi mahasiswa Universitas Airlangga mencuat lagi ke podium nasional. Kali ini melalui olahraga tenis lapangan (Lawn Tennis). Dengan beranggotakan empat pemain, Tim Universitas Airlangga tampil sebagai juara I beregu, nomor paling bergengsi. Selain itu, juga meraih juara III tunggal putri, dalam Kejuaraan Nasional Tenis Antar-PTN-PTS, yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UM), 26-28 November 2010.

Kejurnas Tenis antar-PTN-PTS 2010 itu diikuti 15 PTN-PTS terpilih se-Indonesia. Sedang Tim Universitas Airlangga yang diwakili Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tenis Lapangan, tidak mengikuti satu nomor yang dipertandingkan yaitu ganda putri, karena hanya memiliki seorang pemain, yaitu Meutia Sabrina (FISIP). Meski sendirian, Sabrina juga menyabet gelar juara III nomor tunggal putri. Ia gagal melaju ke final karena dikalahkan petenis Universitas Negeri Yogyakarta, Ni Nyoman, 4-9, di babak semifinal.

Sedangkan di babak final nomor bergengsi (beregu), Unair melibas perlawanan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) dengan skor 2-1. Beranggotakan Irwin Saptaadi (FISIP), Aditya Tegar P (FEB), Meutia Sabrina (FISIP), dan Zainal Arifin (FISIP/pelatih), tim beregu Unair meraih dua poin kemenangan dari nomor tunggal putra melalui, Irwin dan Aditya Tegar. Seperti diketahui, Aditya Tegar adalah peraih medali emas ganda putra dalam POMNAS XI/2009 di Palembang, saat itu ia duet dengan Bagus (UM). Unair sebenarnya juga menurunkan Irwin dengan Nina di nomor ganda campuran, tetapi belum berhasil menang.

Didampingi Pembina UKM, Sugeng Wahluyo, M.Kes., drg., Sp.KGA, Ketua UKM Tenis Lapangan Unair, Hendra Gunawan S yang mendampingi Tim Unair bertanding di Kota Malang, menjelaskan, prestasi tim Unair ini sebelumnya tidak diperhitungkan sama sekali oleh lawan, sebab tak satu pun petenisnya masuk peringkat nasional. Namun dengan semangat ”Excellence With Morality” mereka mampu menyingkirkan lawan berperingkat nasional. Misalnya saat menekuk UM di nomor beregu, di pihak UM terdapat pemain peringkat 8 nasional, yaitu Bagus (pasangan Tegar di POMNAS XI/2009). Kemudian Meutia Sabrina juga mengalahkan petenis UGM berperingkat 20 nasional, yaitu Rani.

”Anak-anak tampil dengan semangat luar biasa. Dan Alhamdulillah rupanya tahun ini keberuntungan saya,” kata Sugeng Wahluyo. Seperti diketahui, dosen FKG ini bersama Marcelino Rudyanto (dosen Farmasi) sebagai pembina UKM, baru saja mengantarkan Paduan Suara Mahasiswa Unair meraih juara dalam Festival Paduan Suara Internasional di Praha, Republik Ceko.

Mengapa hanya membawa seorang atlet putri, menurut Hendra, undangan Kejurnas ini mendadak, sehingga tak sempat mengadakan seleksi dan bahkan ada beberapa pemain yang tidak bisa ikut bertanding. Masih beruntung Unair baru saja menyelenggarakan pertandingan tenis dalam ”Student Week”, sehingga para juaranya bisa dibawa ke Malang,

Hasil Kejurnas Antar PTN-PTS di Malang itu: BEREGU: I. Universitas Airlangga Surabaya, II. Universitas Diponegoro Semarang, juara III masing-masing Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Yogyakarta. TUNGGAL PUTRI: I. Novita (Undip), II. Ni Nyoman (UNY), juara III. Meutia Sabrina (Unair) dan Alhumayra (Unesa). GANDA PUTRI: I. Betha R/Desy (Universitas Jember), II. Ni Nyoman/Risti (UNY), III. Christina/Wahayuni (Universitas Negeri Semarang) dan Ayu/Yuni (Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja).

Kilas Balik

Kilas balik prestasi UKM Tenis Lapangan Unair, diterangkan Hendra Gunawan, juga lumayan bagus. Aditya Tegar juga pernah meraih Juara I dalam Perbanas Tennis Tournamen 2010, yaitu antar-universitas se-Surabaya. Masih di tahun 2010, meraih juara III Tennis Cup dalam Dies Natalis STTAL Surabaya, yaitu antar perguruan tinggi se-Jatim. Kemudian tahun 2009, juara III UNESA Properti Cup 2009 se-Jatim.

Tahun 2004 bahkan ada yang mengukir prestasi nasional, atas nama David Kurniawan, juara tunggal POMNAS se-Jawa-Bali kelompok umur 18 tahun. Tahun 2004 melalui petenis Nyoman Yustisia, juara III Walikota Cup Jakarta Barat dan mengikuti Seleksi PON DKI Jakarta. Pada tahun 2002, ganda campuran Theresia Titus-Nurcahyani meraih juara ganda campuran di Turnamen Tenis lapangan se-Kab. Jember. Selain itu beberapa kali melakukan pertandingan persahabatan dengan UKM tenis UPN Petra Surabaya, UKM Tenis Universitas Padjadjaran, STIE Perbanas Surabaya, dsb.

warta.unair.ac.id

by. humas_ua


Perubahan Iklim, Umat Manusia Wajib Menjaga Keseimbangan Lingkungan

Rektorat, 03-09-2015

Universitas Airlangga menjadi salah satu kampus tujuan Institut Francais Indonesia

Siapkan Generasi Muda Sigap Bencana

Rektorat, 24-08-2015

Negara yang kaya dengan sumber daya alam, begitulah Indonesia. Sebagai

Diskusi Terbatas untuk Pilih Pemimpin KPK yang Ideal

Rektorat, 19-08-2015

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menantikan calon pimpinan baru untuk

Hadapi MEA, UNAIR Antisipasi Bioterorisme di Indonesia

Rektorat, 13-08-2015

Bioterorisme dapat diterjemahkan sebagai kegiatan teror yang disengaja dengan menggunakan

Menyibak Potensi Sosial Budaya Arus Bawah

Rektorat, 11-08-2015

Dalam rangka menjalin networking dengan universitas di kawasan Asia, FIB

Sosialisasi UU Desa se-Jawa Timur, CSWS FISIP UNAIR Peroleh Apresiasi dari Pusat

Rektorat, 06-08-2015

Adanya perubahan Undang-undang Desa yang baru disahkan banyak memperkenalkan beberapa

Rektor UNAIR Lepas Mahasiswa Peserta KKN-BBM

Rektorat, 28-07-2015

Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. M. Nasih, Ak., resmi melepas

Kerjasama Bank Indonesia – Universitas Airlangga: Siap Berikan Beasiswa Unggulan pada 10 Mahasiswa

Rektorat, 15-07-2015

Perwakilan Bank Indonesia Kantor Wilayah IV Jawa Timur dan Universitas

Biasakan Sarapan Sehat Setiap Hari

Rektorat, 02-07-2015

”Biasakan makan pagi.” Demikian salah satu pesan yang terdapat di dalam

Santap Kudapan Khas Surabaya di Kampus B UNAIR

Rektorat, 02-07-2015

Salah satu makanan khas Surabaya yang patut dicicipi adalah pecel

1 2 3 4 ... 127 Next >>