Headlines

Siap Minum, Kran Air di Danau Unair

13-03-2013 | PIH Unair

Kampus C-Warta Unair

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya memberikan bantuan berupa Kran Air Siap Minum (KASM) yang terletak di ruang terbuka Danau Konservasi Kampus C Universitas Airlangga (Unair). Bantuan tersebut diresmikan usai penandatanganan perjanjian kerjasama antara Unair dengan PDAM yang berlangsung Senin (25/2) di Kampus C Unair.

“Air itu sumber kehidupan, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik fasilitas water for student ini,” kata Rektor Unair Pro. Fasich. Ia berharap, KASM tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa Unair saja tapi juga bagi sivitas akademika dan warga sekitar. “Harapannya ini bisa jadi fasilitas kota sehingga seluruh warga Surabaya juga bisa berkunjung kesini (Danau Unair) dan  menikmati Kran Air Siap Minum ini,” imbuhnya.

Direktur PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Ashari Mardiono mengungkapkan bahwa bantuan tersebut adalah program Corporat Social Responsibility (CSR). Program tersebut juga merupakan langkah awal drinking water from the tap sesuai amanat dalam PP No.16 Tahun 2005 tentang Sistem Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.“Kran air siap minum di negara maju memang bukan hal yang baru, tapi di Surabaya orang belum terbiasa dengan air yang siap minum langsung,” terang Ashari.

Ia menilai, air siap minum bisa mendorong warga untuk menghemat energi. “Kalau nanti sudah biasa meminum air yang siap minum langsung, dampaknya akan hemat energi, tak perlu memasak air untuk minum kan?” tandasnya saat ditemui usai peresmian KASM di Danau Unair.

Sementara, Koordinator Pemasangan KASM Divona Candrawati mengatakan air selalu dijaga agar aman untuk dikonsumsi. “Nantinya akan ada pengawasan internal setiap hari dan dari pihak eksternal sebulan sekali. Pengawasan dilakukan dengan mengambil sampel air lalu menelitinya,” ujarnya.

Program KASM telah mendapatkan rekomendasi aman dikonsumsi dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Selain itu, uji kualitas air yang dilakukan oleh Laboratorium PDAM dan Laboratorium eksternal berakreditasi juga sudah menguji air tersebut aman dikonsumsi.

Teknologi penyaringan KASM menggunakan catridge filter 5 mikron yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel berukuran sampai 5 mikron. Alat itu juga dilengkapi water purifier yang terdiri dari carbon block dan UV untuk menytaring kontaminan dan pestisida.

Program yang dilakukan sejak tahun lalu tersebut telah terpasang di sembilan titik di Surabaya, antara lain di Taman Bungkul, Taman Mundu, Taman Ronggolawe, Puskesmas Wiyung, SDN Kandangan I, ITS, Unair, RSUD Bhakti Darma Husada dan Kantor Pusat PDAM. “Kriteria pemasangan salah satunya adalah di tempat-tempat strategis dan banyak dikunjungi seperti kampus,” pungkas Divona. Kuz9

 

Teks foto

Kuz9/Warta Unair

Warek I Unair Prof. Syahrani mencoba Kran Air Siap Minum (KASM).

Senin, 21-Apr-2014              


Agenda

    Profil Elvira Devinamira Wirayanti

    • KANTOR MANAJEMEN  – WARTA UNAIR

      Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2014 di Plenary Hall Jakarta Convention Center agaknya merupakan malam saat mimpi Elvira Devinamira Wirayanti menjadi nyata. Bagaimana tidak? Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Airla