Dua Mahasiswa Unair Jadi Penasihat Hukum Terbaik

Rektorat, 20-02-2013

FH-Warta Unair

Dua mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) didapuk menjadi penasihat hukum terbaik pada kompetisi tahunan Moot Court Competition (MCC) Asian Law Student’s Association (ALSA). Dua mahasiswa tersebut yaitu Muhammad Kemal, mahasiswa FH Unair angkatan 2011 dan Ria Permata, FH Unair angkatan 2012.

Selain itu, Surya Inggrida Diotama, mahasiswa FH Unair angkatan 2012 juga terpilih menjadi panitera terbaik pada kompetisi MCC piala Mahkamah Agung (MA) yang tahun ini diselenggarakan di Universitas Brawijaya, 7-11 Februari 2013.

Kabar tersebut diteruskan oleh tim pendamping mereka, Rizky Sanggalangi yang juga mahasiswa FH Unair melalui surat elektronik. Awalnya, tim kami (FH Unair) ada di peringkat 3 babak penyisihan, namun dikarenakan kompetisi bersifat group, maka yang berhak mewakili grup A adalah Unpad dan Unair berada diperingkat kedua.

“Saat itu Unair satu grup dengan Unpad dan Unhas di grup A,” jelasnya. Saat itu skor pada babak penyisihan unair mendapatkan poin keseluruhan sejumlah 2370 dari dewan juri. 

Sayangnya, Ia menjelaskan, untuk tahun ini tim FH unair sebanyak 19 orang mahasiswa dan tiga orang pendamping tidak bisa memboyong pulang piala MA serta mempertahankan kejayaan pada tahun lalu.

Namun, meski tidak lolos ke babak final, usaha tim Unair ternyata tetap memperoleh apresiasi dari dewan juri dengan memperoleh beberapa kategori penghargaan terbaik selama kompetisi berlangsung. “Selain dua orang menjadi penasihat hukum terbaik dan satu menjadi panitera terbaik, Tim Unair juga menempati peringkat 3 kategori berkas terbaik,” imbuhnya. Ia berharap prestasi Unair di tahun depan akan lebih baik.

MCC adalah kompetisi dimana tiap pesertanya berasal dari Fakultas Hukum se-Indonesia diwajibkan menunjukkan simulasi persidangan tehadap suatu kasus yang sudah ditentukan oleh dewan juri. MCC merupakan kompetisi tahunan yang selalu diadakan oleh MA setiap tahun, sejak tahun 2000. “Tahun ini adalah keikutsertaan Unair yang ke-11. Pada tahun 2003 dan 2009 Unair pernah menjadi tuan rumah MCC,” terang Rizky. Tujuan MCC adalah untuk mendidik para pesertanya untuk menjadi aparat penegak hukum yang punya integritas. Kuz9

 

Teks foto

Istimewa/Warta Unair

Tim FH Unair pada MCC 2013 piala MA yang digelar di Universitas Brawijaya, 7-11 Februari 2013. Delegasi Unair berhasil mendapat predikat penasehat hukum dan panitera terbaik.

warta.unair.ac.id

by. PIH Unair