Headlines

Ribuan Siswa SMA Beradu Pengetahuan Farmasi di Olfar Unair

17-02-2013 | PIH Unair

Fakultas Farmasi-Warta Unair

Ribuan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai daerah berlomba di ajang tahunan Olimpiade Farmasi (Olfar) 2013 yang digelar oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF Unair). Kompetisi tersebut berlangsung sejak 14-16 Februari 2013.

“Total semua peserta ada 1773,” kata Imelda Furqoni Koordinator Humas Olfar 2013. Dari jumlah tersebut, diambil 50 tim untuk perempat final, kemudian diambil lagi 24 tim untuk babak semifinal. Dan terakhir, babak final diikuti sebanyak lima tim.

Siswa peserta Olfar 2013 berasal dari bebagai daerah se-Jatim, antara lain Gresik, Lamongan, Malang, Kediri, Pamekasan, Madiun, Blitar, Sidoarjo, Jember, Pasuruan, Mojokerto dan Surabaya. Selain itu beberapa kota di luar Jatim juga ikut menjadi peserta Olfar 2013. Beberapa daerah tersebut mulai dari Bandung, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Jakarta, Solo hingga Bontang. 

Pada babak semifinal dan babak final yang berlangsung, Sabtu sore (16/2) diumumkan beberapa pemenang Olfar tahun ini. Juara harapan 2 diraih oleh SMA 4 Denpasar dan juara harapan 1 diraih oleh SMA Semesta.

Sementara juara 1 diraih oleh tim dari SMA Pribadi Bandung dengan 564 poin. Juara 2 ditempati tim yang juga dari SMA Pribadi bandung dengan 521,5 poin dan juara 3 diraih oleh SMA Taruna Nusantara Madiun dengan raihan 346,9 poin.

Dimas, siswa asal SMA Pribadi Bandung menuturkan bahwa sangat menikmati mengikuti Olfar 2013. “Daftar lombanya murah, selain itu bisa nambah teman dan pengalaman,” tegasnya. Ia juga menilai, ajang tersebut juga bermanfaat bagi siswa SMA untuk menjadi referensi bantuan untuk memilih program studi dan universitas. “Kemungkinan nanti saya pilih prodi Farmasi Unair, setelah tahu dari Olfar ini,” imbuhnya lagi.

Sayangnya, Olfar 2013 masih belum dapat memberikan kesempatan bagi para juaranya untuk dapat langsung terseleksi masuk menjadi mahasiswa Unair. “Pemenang untuk saat ini masih belum bisa ditarik menjadi mahasiswa Farmasi Unair langsung. Kemungkinan untuk tahun depan hal itu  mulai dipertimbangkan,” kata Imelda Furqoni Koordinator Humas Olfar 2013.

Olfar 2013 adalah kompetisi di bidang ilmu kefarmasian yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Fakultas Farmasi Unair. Tahun ini, Olfar diadakan menginjak tahun ke-9 dengan tema Pharmacy in Revolution, yang berarti “Farmasi dalam Revolusi”. Ajang tersebut diharapkan dapat menjadi sarana bagi generasi muda untuk meningkatkan inovasi dan kualitas diri serta membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Kuz9

 

Teks foto

Kuz9/Warta Unair

Para juara Olfar 2013 mengangkat piala mereka usai pengumuman pemenang babak Final yang berlangsung Sabtu (16/2) di Fakultas Farmasi Unair.

 

Kamis, 24-Apr-2014              


Agenda

    Profil Elvira Devinamira Wirayanti

    • KANTOR MANAJEMEN  – WARTA UNAIR

      Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2014 di Plenary Hall Jakarta Convention Center agaknya merupakan malam saat mimpi Elvira Devinamira Wirayanti menjadi nyata. Bagaimana tidak? Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Airla