Headlines

Camaba Jalur Undangan Lakukan Registrasi

13-06-2012 | PIH Unair

Pendaftaran ulang calon mahasiswa baru (Camaba) Universitas Airlangga yang diterima melalui jalur undangan berlangsung di Rektorat Kampus C, Unair, Selasa- Rabu (12-13/6). “Ini merupakan tahun pertama pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan di Unair sejak program itu berlangsung pertama kali tahun 2011,” ungkap Wakil Rektor I Unair, Prof. Dr. H. Achmad Syahrani, MS., Apt. Ia lalu menjelaskan kuota Jalur Undangan sebanyak 40% dari total 4710 kuota yang berasal dari 33 program studi di Unair. 

Camaba yang berhasil diterima Jalur Undangan berjumlah 1885 orang. Dari jumlah tersebut ada 641 camaba dari Jalur Undangan yang mendapat Program Beasiswa Bidik Misi. Prof. Syahhrani mengatakan, jumlah tersebut bisa jadi berubah diakibatkan hari pendaftaran dengan pelaksanaan SNMPTN jalur tulis yang bersamaan. “Bisa saja ada kemungkinan mereka yang tidak puas dengan jalur undanganny, diterima bukan pada pilihan pertamanya, akhirnya mengikuti ujian tulis. Akibatnya mereka akan kehilangan hak untuk diterima di Jalur Undangan, karena harus memilih salah satu,” jelasnya.

Setelah pengumuman Camaba yang lolos Jalur Undangan pada tanggal 28 Mei lalu, serangkaian proses pendaftaran telah mereka ikuti.  Mulai mendaftar via online pada tanggal 28-31 Mei dan mengikuti proses verifikasi keuangan pada tanggal 4-8 Juni 2012. Berdasarkan website penerimaan mahasiswa baru Unair ditetapkan ada 8 Kriteria Keuangan Kelompok SOP dan SP3. Pembagian tersebut dibagi mulai dari kemampuan keuangan keluarga miskin (Gakin), Bebas SP3 dan SP3a-Sp3f. Prof. Syaharani menegaskan bahwa SOP dan SP3 untuk jalur undangan tersebut sama dengan besaran pada jalur tulis. Untuk  eksak, SOP maksimal hingga Rp 1.250.000 dan sosial maksimal hingga Rp 1.000.000. 

Camaba mendaftar melalui beberapa loket yang telah disediakan oleh panitia. Direktur Pendidikan Universitas Airlangga,  Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si. menjelaskan ada enam loket saat pendaftaran ulang. “Ada loket A sampai F. mereka diminta untuk memverifikasi administrasi, pengambilan sidik jari, pengukuran jaket dan pembekalan informasi, pengambilan pas foto, pemberian buku panduan mahasiswa,” kata Prof. Nyoman. “Selain itu mereka juga diwajibkan untuk mengisi kuisioner tentang sistem pendaftaran ulang yang mereka ikuti,” tambahnya. Selanjutnya pada tanggal 31 Agustus 2012, mereka dikumpulkandi fakultas masing-masing dan melakukan pelaksanaan Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB) pada 3-9 September 2012.

Berdasarkan data hari terakhir penutupan registrasi, Rabu (13/6), tercatat ada 1803 camaba yang melakukan pendaftaran ulang. Jumlah tersebut dengan rincian 1184 jalur undangan dan 619 camaba undangan yang mendapat Program Bidik Misi.

 

Jumat, 25-Apr-2014              


Agenda

    Profil Elvira Devinamira Wirayanti

    • KANTOR MANAJEMEN  – WARTA UNAIR

      Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2014 di Plenary Hall Jakarta Convention Center agaknya merupakan malam saat mimpi Elvira Devinamira Wirayanti menjadi nyata. Bagaimana tidak? Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Airla