Pendaftaran SNM-PTN Ujian Tulis Dimulai

Rektorat, 14-05-2012

Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis dan Ketrampilan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN) tahun 2012 dilakukan serentak secara nasional mulai hari Kamis 10 Mei 2012. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://ujian.snmptn.ac.id mulai pukul 08.00 dan akan berakhir pada 31 Mei 2012 pukul 22.00 WIB.

Dengan pendaftaran secara online maka calon bisa mengakses pendaftaran melalui berbagai daerah tempat tinggalnya. Untuk panitia lokal Surabaya SNM-PTN tahun 2012 ini diikuti oleh empat perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS), Universitas Trunojoyo Madura, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya.

Ketua Panitia Lokal SNM-PTN Surabaya Prof. Dr. H. Achmad Syahrani, MS., Drs., Apt., didampingi koordinator Humas SNM-PTN Panlok Surabaya Prof. Dr. H. Imam Mustofa, drh., M.Kes., menjelaskan, persyaratan pendaftar SNM-PTN tahun 2012 ini adalah lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2010, 2011 dan 2012. Bagi yang lulus tahun 2010 dan 2011 harus memiliki ijazah SMA/SMK/MA/MAK, sedangkan  lulusan tahun 2012 sekurang-kurangnya memiliki SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) dan atau Kartu Peserta Ujian Nasional yang dilengkapi dengan pas foto ybs. Selain itu memiliki kesehatan yang memadai, dan tidak buta warna untuk program studi tertentu.

Calon pendaftar harus membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri. Jika hanya memilih pendaftaran di  kelompok IPA atau kelompok IPS tahun ini biayanya ditetapkan masing-masing Rp 150.000,-/peserta. Jika mendaftar di kelompok IPC (memilih IPA dan IPS) biayanya sebesar Rp 175.000,-/peserta. Bagi peserta yang mendaftar untuk prodi yang mensyaratkan jalur ujian keterampilan dikenakan biaya Rp 150.000,- per peserta per ujian.

” Peserta yang sudah membayar di bank akan memperoleh PIN. Setelah mengakses internet dan membuka alamat pendaftaran di http://ujian.snmptn.ac.id maka PIN itu dipergunakan untuk membuka KAP (Kode Akses Pendaftaran). Pada halaman itulah tersedia borang yang harus diisi oleh pendaftar,” kata Prof. Achmad Syahrani dalam jumpa pers SNM-PTN Panlok Surabaya, di Gedung Rektorat Universitas Airlangga, Rabu, 9 Mei 2012 kemarin.


Ujian dan Peserta Bidik Misi

Ditambahkan oleh Prof. Imam Mustofa,  peserta ujian tulis SNM-PTN tahun 2012 ini juga bisa diikuti oleh peserta Bidikmisi yang sudah mendaftar melalui SNM-PTN Jalur Undangan. Bagi peserta Bidikmisi hendaknya terlebih dahulu mendaftar ke  laman http://bidikmisi.dikti.go.id dan peserta yang memenuhi syarat akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SNM-PTN Jalur Ujian Tertulis.

Ketentuan lain yang harus diperhatikan yaitu, calon peserta Bidikmisi yang tidak memenuhi persyaratan seleksi  Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan kembali untuk mendaftar SNM-PTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian. Sedangkan apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNM-PTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

Setelah mendaftar secara online, peserta harus melakukan verivikasi ke panitia lokal dengan membawa data-data pelengkap sesuai yang dipersyaratkan pada satu hari sebelum pelaksanaan Ujian tertulis.

    Ujian Tertulis yang diujikan terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang studi (TBS) Prediktif, yaitu TBS Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sedang TBS IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan TBS IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Ujian Keterampilan tersebut diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan bidang Ilmu Keolahragaan. Ujian keterampilan ini dilaksanakan pada tanggal 14 dan atau 15 Juni 2012. Ujian Tertulis SNM-PTN tahun 2012 ini akan dilaksanakan serentak secara nasional selama dua hari, yaitu hari Selasa 12 Juni 2012 untuk TPA dan TBS Dasar. Sedang hari kedua, Rabu 13 Juni 2012 dilaksanakan TBS IPA dan TBS IPS.

”Bagi peserta ujian tertulis dari siswa berkebutuhan khusus, panitia akan memfasilitasi, misalnya menyangkut lokasi ujian dan sebagainya,” tambah Prof. Achmad Syahrani.

Penilaian hasil ujian tidak mengalami perubahan sebagaimana sistem tahun lalu, yaitu: jawaban benar memperoleh nilai + (plus) 4, jawaban salah – (minus) 1, dan tidak menjawab nilainya 0 (nol).  Hasil ujian akan diumumkan pada hari Sabtu 7 Juli 2012 mulai pukul 19.00 dan juga dapat diakses pada laman http://www.snmptn.ac.id. (*)

warta.unair.ac.id

by. PIH Unair


36 Mahasiswa Asing Ikuti KKN BBM UNAIR.....

Rektorat, 11-01-2016

Sebagai bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Airlangga terus

Memahami Dunia Diplomasi dan Globalisasi Bagi Generasi Muda.....

Rektorat, 09-01-2016

Model United Nations (MUN) atau yang biasa dikenal dengan simulasi

UNAIR Libatkan Alumni dalam Pencapaian Peringkat 500 Besar Dunia.....

Rektorat, 08-01-2016

UNAIR NEWS - Dalam langkah mencapai peringkat 500 besar universitas

Rektor UNAIR Lantik 324 Pejabat Departemen.....

Rektorat, 31-12-2015

Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak.,

Gedung Airlangga Corner Etalase UNAIR di Bidang Wirausaha dan Informasi.....

Rektorat, 29-12-2015

Hari ini, Selasa (29/12) secara resmi Bank Mandiri menyerahkan gedung

Evaluasi PAUD HI Berbasis Posyandu di Jawa Timur Fokus Penuhi Hak Anak Marjinal.....

Rektorat, 29-12-2015

Langkah UNAIR untuk peduli kepada masyarakat semakin nyata. Kali ini

Direktur Nuffic-Neso Ajak Mahasiswa Studi ke Belanda.....

Rektorat, 23-12-2015

Animo pelajar Indonesia yang ingin merasakan atmosfer studi di luar

Rektor UNAIR Beri Motivasi Anak Yatim.....

Rektorat, 29-12-2015

Senin (21/12), Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. M. Nasih, SE,

Pembangunan Desa Sudah Didengungkan Sejak Lama.....

Rektorat, 23-12-2015

Perdebatan tentang pembangunan desa menjadi wacana jauh sebelum Undang-undang Desa

BEM UNAIR Hadirkan Pejabat Negara untuk Berikan Motivasi Mahasiswa.....

Rektorat, 04-01-2016

Sabtu, (19/12) bertempat di Aula Garuda Mukti, Rektorat Kampus C

1 2 3 4 ... 130 Next >>