Unair dan Institut Keislaman Hasyim Asy’ari Jalin Kerjasama

Rektorat, 07-05-2012

Kerjasama antara Universitas Airlangga  dan Institut Keislaman Hasyim Asy’ari  (IKAHA) diresmikan melalui penandatanganan naskah kerjasama  dalam sebuah acara di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang (29/4).

Penandatanganan naskah tersebut dilakukan  antara Rektor  IKAHA, Doktor Honoris Causa Ir. KH Sholahuddin Wahid dan Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. H. Fasich, Apt.

Dalam kata sambutannya, Sholahuddin Wahid menyatakan, bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi lain merupakan sebuah langkah yang diperlukan oleh IKAHA untuk dapat memenuhi persyaratan menjadi sebuah universitas. Dikatakannya, bahwa tugas yang diembannya  adalah melaksanakan keputusan rapat senat institut untuk meningkatkan status IKAHA menjadi Universitas Hasyim Asy’ari. Keberadaan universitas merupakan salah satu langkah jitu untuk mengurangi arus urbanisasi, ketimpangan perekonomian dengan kota besar, dan meredam berbagai gejolak keagamaan.

 “ Melalui peningkatan tersebut, maka  keterbatasan kesempatan anak muda yang berdiam di daerah dalam mengakses pendidikan tinggi dapat terpecahkan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu pula, telah dilakukan penandatanganan naskah kerjasama antara IKAHA dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, Surabaya.

Prof. Dr. H. Fasich, Apt. menyatakan kegembiraan atas terlaksananya jalinan kerjasama antara IKAHA dengan berbagai institusi pendidikan tinggi tersebut. Kerjasama itu diharapkan akan menelurkan hasil yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat sebagai bagian dari dakwah.

IKAHA didirikan sejak tahun 1967 dengan nama Universitas hasyim Asy’ari (Unhasy) oleh KH Yusuf Hasyim (Pak Ud).  Peraturan Pemerintah yang berlaku  menyebabkan universitas itu berubah menjadi sebuah institut, karena hanya mempunyai program studi agama, yaitu Fakultas Syari’ah, Fakultas Dakwah dan Fakultas Tarbiyah. Pada saat ini lokasinya berada di wilayah Pesantren Tebuireng Jombang. (m).

warta.unair.ac.id

by. PIH Unair