Agenda Unair

LPPM-Unair: PELATIHAN STATISTIKA NONPARAMETRIK

Pelaksanaan : 23-05-2008 s.d 07-08-2008


Teori & Praktek Dengan Komputer
Digelar 5 – 7 Agustus 2008

Generalisasi hasil penelitian selain dipengaruhi oleh teknik sampling, besar sampel, metode pengumpulan data, instrumen yang digunakan, yang lebih penting adalah uji Statistikanya. Bila uji Statistika yang digunakan tidak tepat, apalagi ditambah dengan perhitungan yang salah, sudah pasti generalisasinya tidak akan tepat pula.
Statistika Nonparametrik adalah bagian Statistika yang sering digunakan dalam berbagai bidang riset, antara lain bidang kesehatan, pertanian, psikologi, pendidikan, bisnis, komunikasi, sosial, ekonomi dan lain-lain. Statistika Nonparametrik terkait dengan data skala nominal dan ordinal berisi tentang informasi jenjang, frekuensi atau persentase kategori.
Informasi yang ingin diketahui pada data skala nominal dan ordinal adalah ada tidaknya keterkaitan antar kategori. Jika ada keterkaitan perlu dicari profil mana yang saling terkait (Analisis Tabel Kontingensi). Untuk melihat secara visual keterkaitan antar kategori dan kedekatan suatu profil kategori terhadap profil kategori lain (Analisis Korespondensi dan Multidimensional Scaling). Untuk pemodelan data skala nominal dan ordinal digunakan Log-Linier. Untuk mengetahui perbedaan data skala ordinal digunakan uji Wilcoxon, Kruskal Wallis dan Friedman. Untuk mengetahui perbedaan data skala nominal digunakan uji McNemar dan Cochran.
Mengingat pentingnya penggunaan Statistika Nonparametrik sebagai alat bantu untuk pengambilan keputusan pada berbagai bidang, maka perlu dilakukan pelatihan tentang Statistika Nonparametrik
Pelatihan yang dilaksanakan mendalami tentang : Riset Kuantitatif Modern, Konsep Dasar Statistika Nonparametrik, uji Wilcoxon, Kruskal Wallis, Friedman, McNemar, Cochran, Tabel Kontingensi, Korespondensi, Multidimensional Scaling dan Log-Linier.
Pelatihan ini direkomendasikan untuk Mahasiswa S2, Mahasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, Mahasiswa S3, Dosen, Peneliti, Akademisi, Staf Perencanaan dan Pendataan.
Narasumber pelatihan ini adalah Prof. Dr. H. Sarmanu, MS. (Dosen Unair), Prof. H. Kuntoro, dr, MPH, Dr.PH (Dosen Unair), Dr. Arief Wibowo, dr, MS. (Dosen Unair), Dr. Hari Basuki Notobroto, dr, M.Kes. (Dosen Unair), Dr. Bambang Widjanarko, S.Si., M.Si. (Dosen ITS). Metode yang digunakan berbentuk teori dan praktek. Teori diberikan dalam bentuk ceramah, sedang untuk praktek digunakan program komputer.
Pelatihan digelar pada tanggal 5 – 7 Agustus 2008, bertempat di Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unair, Kampus C Mulyorejo, Surabaya.
Fasilitas yang diberikan berupa : Makalah, Sertifikat, CD Makalah, Tas, Konsumsi Siang dan Snack 2 kali.
Informasi lebih lanjut hubungi LPPM Unair (031) 5995246 dan 5995248, Indah (0815-5332-8161), Eli (0813-3105-7373) dan Sarmanu (08123235841)

Kontak Acara : LPPM UNIVERSITAS AIRLANGGA BHMN

Senin, 21-Apr-2014              


Agenda

    Profil Elvira Devinamira Wirayanti

    • KANTOR MANAJEMEN  – WARTA UNAIR

      Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2014 di Plenary Hall Jakarta Convention Center agaknya merupakan malam saat mimpi Elvira Devinamira Wirayanti menjadi nyata. Bagaimana tidak? Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Airla